Pemkab Jadwalkan Pertunjukan Taman Air Mancur Sri Baduga, Bisa Dinikmati Masyarakat Secara Gratis

Taman Air Mancur Sri Baduga
0 Komentar

PURWAKARTA-Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta memastikan pertunjukan Taman Air Mancur Sri Baduga (Situ Buleud) jadi dilaksanakan pada 5 dan 12 Agustus 2023 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Norman Nugraha memastikan, tiket untuk masuk ke area Taman Air Mancur Sri Baduga gratis alias tidak dipungut biaya. “Untuk masuknya gratis ya. Karena Taman Air Mancur Sri Baduga ini merupakan fasilitas wisata milik Pemkab Purwakarta yang manfaatnya bisa dinikmati oleh masyarakat secara gratis,” kata Norman kepada wartawan, Sabtu (29/7).

Meski begitu, sambungnya, calon pengunjung harus gerak cepat saat memesan tiket masuk. Sebab, jumlahnya terbatas. “Kami menggelar pertunjukan air mancur sebanyak dua sesi. Setiap sesinya diperuntukkan bagi 5.000 pengunjung. Jadi dua sesi untuk 10.000 pengunjung,” ujar Norman.

Baca Juga:Mahasiswa Universitas Mandiri Ajak Kurangi Penggunaan PlastikPengangkatan PPPK Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Guru, Demi Perbaikan Kualitas Pendidikan

Pemkab Purwakarta, lanjutnya, akan menyiapkan platform digital untuk memesan tiket pertunjukan Taman Air Mancur Sri Baduga. Selain itu, tersedia tiket-tiket boks yang nantinya akan diinformasikan kemudian. “Awalnya pertunjukan air mancur akan digelar pada 22 Juli, namun batal karena ketersediaan debit air tidak mencukupi. Sekarang debit air di Situ Buleud cukup dan air mancur bisa kita operasikan,” kata Norman.

Pemkab Purwakarta sendiri sudah melakukan uji coba pengoperasian air mancur Sri Baduga pada Kamis, 27 Juli 2023 malam. Hasilnya kondisi air mancur Sri Baduga dalam kondisi baik. “Peralatan penunjang juga sudah siap. Air juga sudah mencukupi,” ucap Sekda Norman menjelaskan.

Alasan mengapa pertunjukan air mancur dibagi ke dalam dua sesi, dikarenakan ketersediaan bangku penonton yang terbatas. “Termasuk mengapa kami berlakukan tiket masuk, karena untuk kenyamanan pengunjung sendiri. Kalau tanpa tiket, nanti pengunjungnya bisa melebihi kapasitas,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika juga sempat memberikan pernyataan terkait pertunjukan Air Mancur Sri Baduga.

“Kami sudah mengecek debit air mancur. Kami hanya membutuhkan lagi kurang lebih sekitar 10 cm lagi (debit air, red). Saya yakin pada 5 Agustus 2023 mendatang sesuai dengan rencana, kami akan melaksanakan pertunjukan air mancur,” ujar Ambu Anne belum lama ini.(add/sep)

0 Komentar