Jabar Berhasil Kelola Ketahanan Air dari Hulu ke Hilir, Kang Emil Ajak Jelajahi 400 Keindahan Air Terjun Jawa Barat

Air dari Hulu ke Hilir
0 Komentar

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air terus meningkatkan ketahanan air dari hulu ke hilir melalui tata kelola sumber daya air. Program pengelolaan hulu diantaranya dengan melakukan revitalisasi di kawasan air terjun sehingga memiliki keindahan dan layak menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Barat, sementara itu di tingkat hilir dilakukan melalui optimasi pembangunan irigasi dengan capaian keberhasilan mampu dalam peningkatan Indikator Sistem Kinerja Irigasi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Jawa Barat termasuk di wilayah selatan memiliki ratusan air terjun dengan beragam potensi serta pesonanya.

“Indahnya Jawa Barat selatan, wilayah berlimpah air terjun dan pemandangan indah. Saling kerennya zona Ciletuh ini dianungrahi status Geopark Unesco,” kata Ridwan Kamil melalui laman instagramnya, pada Minggu, 9 Juli 2023.

Baca Juga:Pemuda Tegalwaru Deklarasikan Gus Muhaimin, Dukung Nyapres 202427.000 Pelari Turut Serta di Pocari Sweat Run Indonesia 2023

Kang Emil merekomendasikan dan mengajak masyarakat untuk menjelajahi beberapa keindahan air terjun yang ada di Jawa Barat terutama di bagian selatan, Kabupaten Sukabumi. Lima Curug (istilah lain dari kata Air Terjun) di wilayah Jabar Selatan yang direkomendasikan untuk dinikmati keindahannya yakni Curug Cigangsa, Curug Cikanteh, Curug Cikaso, Curug Cimarinjung, hingga Curug Sodong.

Ia juga mengajak masyarakat untuk berkunjung dan berwisata ke 400 air terjun di Jawa Barat. Tentunya dengan tetap bertanggung jawab dan memelihara kelestarian alam.

“Mari kunjungi dan jelajahi wisata 400 air terjun di Jawa Barat. Dengan bertanggungjawab tentunya, disiplin kebersihan dan ketetiban,” katanya.

Orang nomor satu di Jawa Barat ini bahkan pernah rela melakukan perjalanan selama 3 jam menggunakan motor dari Bandung untuk sekedar menikmati keindahan air terjun di Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, Kang Emil berkunjung ke Curug Citambur yang sedang viral dengan keindahannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dicky Rachmat Siddik, menambahkan, berbicara potensi air terjun di Jawa Barat, masing-masing memiliki tema dan keistimewaan tertentu mulai dari keunggulan dari sisi ketinggian, dari sisi jumlah air yang melewati, hingga jenis air yang berasal dari panas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk terapi dan fungsi lainnya.

0 Komentar