Pemilihan Penjabat Gubernur di Sejumlah Daerah Akan Dilaksanakan Secara Akuntabel, Tegas Jokowi

penjabat gubernur
Calon Bupati Subang Tahun 2024, Inilah Beberapa Kandidat Penantang H. Ruhimat di Pilkada
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas memastikan bahwa pemilihan penjabat gubernur di berbagai wilayah di Indonesia akan dilaksanakan dengan penuh akuntabilitas.

Dalam pernyataannya, Jokowi menegaskan bahwa semua calon penjabat (Pj) gubernur yang dia terima merupakan hasil masukan dari masyarakat melalui dewan perwakilan rakyat daerah.

“Dalam hal ini, apapun yang dapat diragukan mengenai akuntabilitas? Apapun yang mungkin dianggap kurang transparan? Semua masukan ini bersumber dari lapisan terbawah, yakni dari daerah itu sendiri. Mereka berasal dari daerah dan telah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri sebelum akhirnya diberikan kepada kami di Tim Penilai Akhir,” ujar Jokowi dengan mantap.

Baca Juga:Korlantas Polri Resmikan Perubahan Desain Ujian Praktik SIM Menjadi Huruf ‘S’ Tidak Ada Lagi Zig Zag Huruf 8Prabowo Temui Sejumlah Influencer dan Pelawak: Para Pemuda Kreatif Indonesia Penuh Inovasi

Jokowi mengarahkan perhatiannya khusus pada calon Pj Gubernur Jawa Barat yang akan menggantikan Ridwan Kamil yang masa jabatannya akan berakhir pada tanggal 23 September 2023.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat telah mengajukan tiga nama sebagai calon Pj Gubernur Jawa Barat.

Ketiga nama tersebut adalah Asep Mulyana, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Peraturan Perundangan Kementerian Hukum dan HAM serta pernah menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar, Prof.

Keri Lestari, seorang Guru Besar di Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Bey Triadi Machmudin, yang menjabat sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media di Sekretariat Presiden.

Namun, Jokowi mengungkapkan bahwa ia masih belum menerima daftar nama-nama tersebut secara resmi.

“Belum ada informasi yang sampai ke meja saya. Ya, meskipun sudah ada dari DPRD, tetapi belum sampai kepada saya. Saya belum mengetahui nama-namanya secara pasti, namun yang jelas ada tiga calon dari DPRD yang diajukan dari tingkat bawah,” ungkap Jokowi pada tanggal 4 Agustus 2023.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga tengah menantikan usulan calon Pj gubernur dari berbagai daerah.

Baca Juga:Jokowi Resmikan Tol Bocimi, Jakarta Sukabumi Cuma 2,5 JamPemerintah Buka Lowongan untuk 574 Ribu Formasi ASN 2023, Paling Banyak untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

Selain Jawa Barat, para pemimpin daerah lain seperti Jawa Tengah, Sumatera Utara, Bali, dan Sulawesi Selatan juga akan berakhir masa jabatannya pada bulan September 2023.

Total terdapat 17 gubernur di Indonesia yang masa jabatannya akan berakhir pada bulan September 2023. Berikut adalah daftar mereka:

– Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi

0 Komentar