SD IT Miftahul Ulum Wujudkan Siswa Kayungyun, Jadi Visi Sekolah di Tahun 2025

Miftahul Ulum
0 Komentar

SUBANG– SD IT Miftahul Ulum beralamat di Jl. M. Toha Perumnas Raya, Blok VII, Kel. Sukamelang, Kecamatan Subang. Visi dari SD IT Miftahul Ulum adalah terwujudnya peserta didik yang ‘kayungyun’ dan peduli lingkungan di tahun 2025.

“Yang menjadi catatan adalah ‘kayungyun’ yang dalam bahasa Sunda artinya baik sekali atau dalam konsep agamanya yaitu waladun sholihun yang artinya anak yang sholeh,” kata Kepala sekolah SD IT Miftahul Ulum, Mulyani.

“Kayungyun itu dibagi tiga, yang pertama kayungyun ku akhlakna (baik akhlaknya), kayungyun ku pangabisana (baik kebisaannya), dan kayungyun ku elmuna (baik ilmunya). Kenapa memakai bahasa Sunda, karena kita juga ingin merawat kearifan lokal kita,” tambahnya.

Baca Juga:Kisruh PPDB, Gubernur dan Kadisdik Jabar Diminta Jujur, Statement Keduanya Hanya Menutupi KasusOrang Tua Miliki Peran vital Lestarikan Bahasa Daerah

Berangkat dari visi tersebut, SD IT Miftahul Ulum memiliki program dalam setiap dua kelas. Kelas 1 dan 2 mulai dibiasakan untuk menghafal doa-doa dan hadits. Harapannya tumbuh sifat akhlak yang baik.

Kemudian di kelas 3 dan 4 akan diajarkan total delapan keterampilan dengan masing-masing empat keterampilan dalam tiap tahun, seperti olahraga dan seni dengan harapan anak dapat mengetahui kebolehannya. Lalu yang terakhir di kelas 5 dan 6 sebagai kelas yang paling atas dipersiapkan materi yang dapat meningkatkan kemanpuan kognitifnya.

“Semua hal tersebut ‘diracik’ dan dimasukan ke dalam kurikulum sehingga tidak mengganggu kurikulum yang telah ada,” ucapnya.

Inovasi dari SD IT Miftahul Ulum adalah membuat konsep penghijauan dengan hidroponik dan pengolahan limbah plastik menjadi karya siluet sehingga membawa sekolah tersebut meraih penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi.

Untuk prestasi, SD IT Miftahul Ulum telah banyak memenangi berbagai kejuaraan dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Tingkat Provinsi, di cabang Pendidikan Agamai Islam (PAI) sekolah ini telah memenangkan lomba adzan dan lomba kesesuaian bacaan dan gerakan sholat.

Tingkat nasional SD IT Miftahul Ulum telah memenangi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dalam cabang pencak silat.

Mulyani berharap sekolah ini menjadi berkah untuk lingkungan, masyarakat, dan negara. Siswa dan siswinya menjadi santri yang ‘kayungyun’.(fsh//ysp)

0 Komentar