Mengenal Pawai Jampana Unik Agustusan, Tradisi dari Jawa Barat

Mengenal Pawai Jampana Unik Agustusan, Tradisi dari Jawa Barat
Jampana unik Agustusan (dok. Berbagai Sumber)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESJampana unik Agustusan adalah tradisi unik dari Jawa Barat, yang digelar di setiap acara besar seperti Kemerdekaan Republik Indonesia.Biasanya, warga akan turun ke jalan untuk mengarak Jampana. Jampana juga bisa menjadi hiasan 17 Agustusan yang memeriahkan acara Kemerdekaan.

Mengutip laman Kemensetneg, peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 kali ini mengangkat tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”Pernak-pernik Agustusan unik bisa jadi ladang cuan bagi pedagang untuk jualan Agustusan. Sehingga tak heran, kalau perlengkapan 17 Agustusan banyak diburu warga.

Yuk, mengenal lebih jauh tentang pawai Jampana unik Agustusan yang jadi momen intropeksi bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga:15 Ide Hiasan 17 Agustusan Buat Dekorasi Panggung, Kreatif!5 Wisata Yogyakarta Terbaru 2023, Terkenal dan Murah Meriah

Fakta Menarik Pawai Jampana

Pawai Jampana adalah tradisi unik turun-temurun dari Jawa Barat, yang masih dilestarikan masyarakat hingga sekarang. Nantinya, warga akan turun ke jalan menuju ke suatu tempat yang telah ditentukan untuk memeriahkan pawai Jampana.Sedangkan dalam bahasa Sunda Jampana berarti tandu. Mengutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Jampana merupakan pawai atau arak-arakan tandu.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, tandu tersebut akan dibawa oleh empat orang dewasa yang memikul badian depan dan belakang tandu.Menariknya adalah Jampana berisi hasil bumi yang melimpah, makanan khas Jawa Barat, dan hasil kerajinan tangan.

Diiringi Alat Musik Daerah dan Modern

Selama pawai Jampana berlangsung, rombongan warga yang turun ke jalan, akan diiringi oleh suara alat dan musik tradisional maupun modern.Setelah tandu sampai di lokasi tujuan, maka isi Jampana tersebut akan diperebutkan oleh warga yang antusias mengambil hasil bumi dan kerajinan.

Selain itu, mereka juga akan menyantap bersama-sama isi makanan yang dibawa pawai Jampana. Oleh sebaba itu, acara rakyat yang satu ini banyak dinantikan oleh masyarakat.

Makna Pawai Jampana

Pawai Jampana memiliki makna yang bukan sekadar pesta rakyat biasa. Tradisi ini adalah bentuk ucapan syukur atas Kemerdekaan Republik Indonesia, yang diraih dengan perjuangan pahlawan hingga titik darah penghabisan.

Adapun penyelanggaraan pawai tandu ini bertujuan untuk tetap melestarikan budaya dari Sunda. Melalui ajang pawai ini juga bisa jadi ajang untuk mempromosikan produk unggulan masyarakat, baik itu hasil bumi maupun kerajinan.

0 Komentar