Survei Litbang Head to Head Anies Prabowo Ganjar, Ini Pemenangnya

Survei Litbang Head to Head Anies Prabowo Ganjar, Ini Pemenangnya
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Hasil survei terbaru dari Litbang Kompas mengungkapkan bahwa calon presiden (capres) potensial, Prabowo Subianto, berada di posisi unggul dalam skema head to head dengan baik Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan.

Dalam hasil analisis dari Litbang Kompas, walaupun Ganjar memiliki elektabilitas yang mendominasi dalam pilihan bebas, namun saat dilakukan simulasi dengan melibatkan 10, 5, hingga 3 nama calon, belum bisa dipastikan bahwa kemenangan akan menjadi pasti jika Ganjar berhadapan langsung dengan Prabowo.

“Hasil survei menunjukkan adanya akumulasi suara yang menguntungkan bagi Prabowo dalam skenario head to head, di mana kedua calon berhadapan,” seperti yang tertera dalam survei yang diterbitkan oleh Harian Kompas pada Senin (21/8).

Baca Juga:PN Subang FC Berjaya di Pertandingan Fourfeo Meriahkan HUT RI dan HUT MARI ke-78Ramai Diikuti Ribuan Perwakilan Pesantren, Mumtaz Festival 2023 dan Temu Bisnis OPOP Hadir di Masjid Al Jabbar

Jika pemilihan presiden dilaksanakan berdasarkan waktu survei dilakukan dan pertarungan dilakukan antara Ganjar dan Prabowo, maka hasilnya menunjukkan Prabowo unggul atas Ganjar.

Ketua Umum Partai Gerindra tersebut berhasil meraih 52,9 persen suara, sementara Ganjar memperoleh 47,1 persen.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa perbedaan keterpilihan antara Prabowo dan Ganjar semakin melebar.

Hasil survei menunjukkan perbedaan yang semakin signifikan dari 2,2 persen pada bulan Mei 2023 menjadi 5,8 persen pada saat ini.

Sementara itu, jika pertarungan dilakukan antara Prabowo dan Anies, maka Prabowo kembali unggul dengan perbedaan suara yang cukup besar.

“Prabowo memperoleh 65,2 persen dan Anies 34,8 persen. Perbedaan ini mencapai 30,4 persen, yang mengalami peningkatan dari sebelumnya yang hanya 24 persen,” seperti yang disampaikan oleh Litbang Kompas.

Perbedaan yang cukup jauh juga dapat diamati saat Anies bersaing dengan Ganjar. Hasil survei menunjukkan bahwa Ganjar memperoleh 60,1 persen suara sementara Anies mendapatkan 39,9 persen.

Baca Juga:ASN Rudapaksa Bocah 4 Tahun Usai Lomba 17 Agustusan, Begini KronologisnyaLoker Kimia Farma, Terbuka untuk Fresh Graduate, Cek Syarat dan Ketentuannya di Sini

Meskipun terjadi peningkatan tipis dari hasil survei pada Mei 2023 yang sebesar 19,8 persen, perbedaan tetap terlihat signifikan.

Alih-alih menciptakan pergeseran suara yang berarti, survei juga mencatat bahwa dalam skema pertarungan Prabowo melawan Ganjar, suara pendukung Anies cenderung lebih besar dalam mendukung Prabowo.

Persentase suara yang beralih dari Anies ke Prabowo mencapai 69,9 persen, meningkat dari 60,1 persen pada Mei 2023.

Trend serupa juga terjadi dalam skenario pertarungan Prabowo melawan Anies. Dukungan dari pemilih Ganjar yang beralih ke Prabowo juga meningkat, yaitu dari 64,1 persen menjadi 71,6 persen.

0 Komentar