Dinas PUPR Subang Kenalkan Sistem Data Terpadu Infrastruktur Berbasis GIS

Dinas PUPR
0 Komentar

SUBANG-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Subang menggelar Sosialisasi Sistem Data Terpadu Infrastruktur Berbasis GIS (SIPARAS), Selasa siang (5/9) di Aula kantor. Agenda ini dihadiri oleh perwakilan kecamatan di Kabupaten Subang.

Menurut Kepala Dinas PUPR Subang Heri Sopandi, terciptanya SIPARAS dilatarbelakangi oleh keinginan Dinas PUPR untuk memiliki database infrastruktur yang dapat terintegrasi dengan satu sistem dan memberikan respon cepat kepada keluhan masyarakat.

“Subang memiliki wilayah yang luas, terdapat 30 kecamatan, 8 kelurahan, dan 245 desa. Kemudian data infrastruktur yang kita miliki juga belum terintegrasi dalam satu sistem dan belum seluruhnya berbasis GIS. Regulasi pengisian form masih konvensional. Selain itu, penyajian data belum bisa akses langsung, sehingga pengambilan keputusan menjadi lambat,” ucapnya.

Baca Juga:Gema Pramuka Tingkat Kwarran Cipunagara MeriahMakmurkan Masjid Lewat Pojok Literasi Digital, Program Pengabdian Universitas Subang

Dalam agenda tersebut, dijelaskan manfaat dari SIPARAS. Dari sisi internal, sistem informasi data terpadu tersebut dapat digunakan secara berkelanjutan, memudahkan aksesibilitas serta Informasi untuk senantiasa mengupdate database infrastruktur di tiap bidangnya, serta mempermudah Dinas PUPR dalam menentukan program prioritas pembangunan serta lokasi perbaikan infrastruktur.

Manfaat dari segi eksternal yakni memberikan perlindungan terhadap data infrastruktur untuk tidak disalahgunakan, memberi pertimbangan bagi stakeholder dalam mengeluarkan rekomendasi urutan prioritas pembangunan, dan mendorong masyarakat untuk mendukung program pemerintan dalam pembangunan infrastruktur.

“Nantinya masyarakat termasuk rekan-rekan dari kecamatan dapat mengunggah foto kerusakan jalan, jembatan, sekolah, dan lain-lain ke SIPARAS,” ucap Heri.

Dalam alur pemrosesannya, Dinas PUPR sebagai admin akan menerima unggahan dari masyarakat melalui pemerintah kecamatan masing-masing di wilayahnya yang berperan sebagai user.

Masyarakat umum maupun stakeholder juga dapat mengakses situs tersebut sebagai visitor (pengunjung), sehingga dapat juga melihat atau memantau inventarisasi data pembangunan infrastruktur di Kabupaten Subang dan bersifat terbatas. Untuk mengakses SIPARAS bisa masuk ke link https://gis-masterplan.wst.co.id/main.(fsh/ysp)

0 Komentar