Desa Wisata Cibeusi Akan Terus Berbenah Usai Masuk 75 Besar ADWI 2023

ADWI 2023
0 Komentar

SUBANG-Desa Cibeusi merupakan satu-satunya Desa di Kabupaten Subang yang meraih penghargaan 75 Desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Penghargaan diberikan kepada 75 Desa wisata tebaik yang tersebar di seluruh propinsi di Indonesia berlangsung di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (27/8).

Sebanyak 4.573 desa wisata di seluruh Indonesia ikut berpartisipasi dan berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk kemajuan perekonomian Indonesia di bidang parawisata.

Anggota Kelompok Sadar Desa Wisata (Pokdarwis) Desa Cibeusi, Aziz menyampaikan, mengaku sangat bangga Desa Cibeusi masuk kategori 75 desa wisata terbaik ADWI.

Baca Juga:Kerja Keras Padamkan Api di Eks TPA Panembong, Satu Bulan Belum Kunjung PadamDesa Sukatani jadi Percontohan Kampung Bebas Dari Narkoba

“Alhamdulillah ya kami sangat merasa bangga bisa masuk kategori 75 besar Desa Wisata dari seluruh provinsi di Indonesia,” ungkapnya kepada Pasundan Ekspres, Senin (4/9).

Dia mengatakan, penghargaan yang diperoleh tidak terlepas dari dukungan dan doa dari semua elemen yang terkait yang ikut serta dalam menata Desa wisata Cibeusi.

“Setelah meraih penghargaan ini kami akan meningkatkan lagi dari segi fasilitas maupun sarana prasarana agar daya tarik pengunjung meningkatkan,” ujarnya.

Ada lima kategori yang menjadi bahan penilaian di ADWI 2023. Antara lain daya tarik pengunjung yang merupakan potensi dari desa wisata, homestay dan toilet merupakan suatu fasilitas sarana prasarana untuk kenyamanan wisatawan.

Lalu digital dan kreatif merupakan suatu media konten kreatif untuk promosi digital, suvenir yaitu untuk menggali potensi kreativitas dan hasil karya desa wisata berupa kuliner, fesyen, kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Kelima yaitu kelembagaan Desa Wisata dan CHSE yang merupakan legalitas berbadan hukum dan pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan serta memiliki pengelolaan yang baik.

“Desa Cibeusi sendiri meriah penghargaan harapan 1 kategori kelembagaan Desa wisata dan CHSE,” ujarnya.

Baca Juga:Dinas PUPR Subang Kenalkan Sistem Data Terpadu Infrastruktur Berbasis GISGema Pramuka Tingkat Kwarran Cipunagara Meriah

Aziz berharap ke depannya Desa Cibeusi bisa lebih meningkatkan dan berkembang lagi. “Terutama dari segi pengunjung mudah-mudahan tidak hanya wisatawan lokal melainkan mancanegara,” katanya.(acp/ysp)

0 Komentar