Mahasiswa KKN UPI Berperan Atasi Stunting di Subang

Mahasiswa KKN UPI
0 Komentar

Kegiatan program posyandu ini pertama kali dimulai pada tanggal 07 Agustus 2023, lalu dilanjutkan pada tanggal 09 sampai dengan 12 Agustus 2023 di Posyandu Anggrek I hingga Posyandu Anggrek VI. Setiap kegiatan di posyandu meliputi pemberian PMT dan stiker posyandu, membantu mengukur tinggi badan, dan lingkar kepala serta menimbang berat badan anak, imunisasi dan pemberian vitamin, dan juga memberikan dua poster dengan tema pencegahan stunting dan pentingnya posyandu serta banner mengajak masyarakat untuk imunisasi kepada setiap posyandu. Pada setiap kegiatan masyarakat cukup antusias sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai dengan harapan serta masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan pemahaman stunting yang lebih baik.

Puncak kegiatan KKN dilaksanakan dengan mengadakan seminar yang bertema “Upaya Pencegahan Stunting dan Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak”. Kegiatan seminar ini terlaksana pada tanggal 25 Agustus 2023 bertempat di GOR Kantor Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang. Peserta dalam seminar ini melibatkan seluruh masyarakat di Desa Sukasari terutama para kader posyandu, ibu hamil, ibu yang memiliki balita, dan calon pengantin. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 peserta yang didominasi oleh ibu-ibu kader posyandu Desa Sukasari. Adapun pemateri atau narasumber yaitu Bagas Dwi Syahputra seorang mahasiswa berprestasi dari program studi gizi Universitas Pendidikan Indonesia.

Pada seminar yang dilakukan, para peserta seminar diberikan pemahaman mengenai pengertian stunting, ciri-ciri stunting, penyebab stunting, cara pencegahan stunting, dan optimalisasi tumbuh kembang anak. Respon peserta yang hadir sangat positif dan bisa menerima materi yang disampaikan oleh narasumber sebagai tambahan ilmu mengenai cara mencegah stunting dan optimalisasi tumbuh kembang anak. Setelah narasumber menyampaikan pemaparan materi selanjutnya dilakukan diskusi dan tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta dalam menyimak materi yang disampaikan. Beberapa peserta seminar menyampaikan pertanyaan sesuai topik dan narasumber memberikan respon tentang bagaimana mencegah stunting yang tepat. Sebagai bentuk apresiasi terkait pertanyaan yang diberikan, peserta yang aktif bertanya diberikan kenang-kenangan berupa doorprize dari panitia. Kegiatan seminar ditutup dengan memberikan sertifikat penghargaan kepada narasumber.

Baca Juga:Caleg Nasdem Jadi Juri Lomba Tumpeng, Peringati HUT RI ke-78Pramuka Siaga Beraksi di Flying Fox di Subang Curi Perhatian

Program kerja KKN Desa Sukasari yang dijelaskan di atas merupakan salah satu langkah yang dilakukan dalam mengoptimalisasi pencegahan stunting di Desa Sukasari. Program kerja yang telah dilaksanakan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap hilangnya kasus stunting di Desa Sukasari dan bertambahnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya gizi yang seimbang dan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat sebagai salah satu upaya dalam mencegah terjadinya kasus stunting di Desa Sukasari.(rls/ysp)

0 Komentar