Es Ciming Minuman Legendaris Purwakarta, Resep Turun Temurun Sejak 1970

Es Ciming
0 Komentar

PURWAKARTA-Warga Kabupaten Purwakarta pasti tidak asing lagi dengan minuman bernama Es Ciming yang menyegarkan. Kuliner yang melegenda yang ada sejak puluhan tahun lalu.

Es Ciming adalah salah satu minuman legendaris di Kabupaten Purwakarta. Telah ada sejak 1970 yang dirintis oleh seorang pria bernama Ko Ciming, pria keturunan tionghoa. Tempat es ciming ini berlokasi di Jl. Jend.

Ahmad Yani No.9, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta. Kuliner ini memperoleh rating sebanyak 4,5/5 dari 711 reviewer di Google.

Baca Juga:Haul Ke-169 Syekh Baing Yusuf, Menyamakan Instrumen Berdasarkan Sanad KeilmuanKejernihan Air Cipondok Jadi Daya Tari Wisatawan

Es ini berisikan cendol, serutan kelapa dan kacang hijau, kemudian ditambah dengan sirup merah dan susu kental manis.

Awalnya es ini bernama Es Changhai, namun agar mudah diingat oleh masyarakat kemudian diputuskan untuk mengubah nama berdasarkan nama perintisnya menjadi Es Ciming. Sampai sekarang rasanya masih tetap sama karena mempertahankan resep Es Ciming secara turun temurun.

“Rasanya kurang lebih masih tetap sama, dulu tempat ini ramai sekali di tahun 2000an, sekarang cenderung lebih sedikit pengunjungnya tetapi masih banyak yang datang,” ucap salah satu pengunjung, Eka sambil menyantap es nya di hari yang terik.

Minuman ini bisa Anda nikmati dengan harga Rp. 19.000, selain es ciming dan minuman lainnya, dijual juga batagor dan pempek untuk sebagai teman menyantap minuman favorit orang Purwakarta tersebut.

Es Ciming juga rutin membuka stand di kuliner Situ Buleud setiap Sabtu malam. Lokasinya di seberang Stasiun Purwakarta atau Mie Kocok Stasiun.(fsh/sep)

0 Komentar