BKP di Sirnamanah, Praja Utama IPDN Kembangkan Webdesaku

Praja Utama IPDN
0 Komentar

PURWAKARTA-Sebanyak 1.090 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tingkat IV atau dikenal juga dengan istilah Praja Utama melaksanakan Bakti Karya Praja (BKP) di Kabupaten Purwakarta, belum lama ini.
Adapun lokus dari kegiatan ini ada di 138 desa di seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta. Dari total 138 desa tersebut terdapat satu kelompok kecil yang bertugas di masing-masing desa. Saru di antaranya, di Desa Sirnamanah, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta yang mendapatkan kunjungan tujuh Praja IPDN.

Adapun ketujuh praja tersebut adalah Bangkit Ayatullah Datupalinge, Fani Rachmadiyanto, Tegar Muh. Syah Fahlevi, Achmat Junaedi, Agil Ardiansyah Maulana, Lungky Melen Nalova dan Arda Geby Ayu Salsa.

Praja Utama IPDN dari Program Studi Administrasi Pemerintahan Daerah Fakultas Manajamen Pemerintahan, Bangkit Ayatullah Datupalinge mengatakan, melalui kegiatan BKP ini diharapkan mampu mengelola e-Commerce, wisata dan berita melalui aplikasi Webdesaku. “Upaya ini dilakukan guna mewujudkan digitalisasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan desa,” kata Bangkit, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (20/9).

Baca Juga:Dua Wisudawan Terbaik STKIP Purwakarta Raih IPK 3,8, Jadi Lulusan TerbaikSMPN 2 Subang Gelar ANBK

Hal ini, sambungnya, mengingat pemerintahan desa merupakan satuan pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat. “Adapun desa merupakan benteng pertahanan negara,” ujarnya.

Melalui kegiatan BKP ini pula, lanjut Bangkit, para Praja IPDN di Desa Sirnamanah dapat membantu mengoptimalkan implementasi Webdesaku. “Yang mana, salah satu langkah nyata untuk mewujudkannya yakni melalui launching inovasi MISA-KU atau Melek Digital Bersama Webdesaku,” ucap Bangkit.

Inovasi MISA-KU ini sendiri, lanjutnya, diperkenalkan secara luas kepada masyarakat yang ada di Desa Sirnamanah melalui kegiatan sosialisasi perkenalan Inovasi MISA-KU, bersamaan dengan pengenalan program pengabdian kepada masyarakat. “Inovasi MISA-KU dikenalkan oleh tiga dosen IPDN. Ketiganya adalah Nur Handayani, Helwani dan Lina Marlina,” kata Bangkit.

Dalam sosialisasi tersebut, Bangkit yang mewakili Praja IPDN yang juga Inisiator dan Inovator MISA-KU, menjabarkan inti dari inovasi MISA-KU. “Untuk diketahui inovasi MISA-KU adalah program pelatihan promosi dan peluncuran UMKM melalui Webdesaku, serta pembentukan komunitas Dharma Wisata dan Pasar Kreatif Desa Sirnamanah,” ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut juga dipaparkan mengenai Webdesaku secara lebih spesifik dalam konteks e-commerce. Masyarakat diperkenalkan lebih lanjut mengenai Webdesaku dan mendapatkan pelatihan mengenai cara penggunaannya. “Masyarakat yang berkesempatan hadir pada sosialisasi ini berharap Webdesaku dapat meningkatkan jumlah konsumen, mengingat jangkauan pemasaran yang dicakup semakin berkembang,” ucap Bangkit.

0 Komentar