Polisi Cegah Konflik Warga Jelang Pilkades Serentak di Subang, Kapolsek Pamanukan: Jangan Terpancing Emosi Saat Beda Pilihan

Pilkades
0 Komentar

SUBANG-Kapolsek Pamanukan Kompol Supratman mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas kamtibmas wilayah menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) pada Desember 2023 mendatang.

Masyarakat diberikan kebebasan memilih calon kepala desa yang akan menjadi pemimpin nantinya. Mengingat, di wilayah hukum Polsek Pamanukan terdapat tiga desa di dua kecamatan yang akan melaksanakan pilkades serentak.

Di Kecamatan Pamanukan ada Desa Lengkongjaya dan Desa Pamanukan Sebrang. Di Kecamatan Sukasari yakni Desa Sukareja.

Baca Juga:Anies Baswedan Rangkul Kelompok Tunanetra, Dinilai Mau Dengar Penyandang DisabilitasAnies Baswedan Janjikan Kesetaraan Disabilitas, Siap Bangun Infrastruktur Ramah

“Beda pendapat atau beda pilihan boleh silahkan sah-sah saja. Jangan terpancing emosi, wajib hukumnya menjaga kondusifitas wilayah. Desa harus aman dan jangan anarkis,” ujarnya.

Supratman memandang penting jaminan keamanan dari masyarakat karena menjadi salah satu bentuk kedewasaan dalam pelaksanaan memilih pemimpin seperti pilkades.

“Semoga menjelang pelaksanaan pilkades nanti tidak ada tensi yang semakin memanas, dikhawatirkan nantinya bisa memicu gesekan antar pendukung,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Supratman untuk pengamanan saat hati H, personel kepolisian dari Polres Subang pun akan membantu personel yang ada di Polsek Pamanukan.

Selain itu, masing-masing Bhabinkamtibmas ditugaskan di wilayah masing-masing sesuas dengan topuksi yang sudah diberikan dan diperintahkan Kapolsek.

“Polsek Pamnukan juga sudah membentuk koordinator dituga wilayah. Untuk Desa Pamanukan Sebrang koordinatirnya Kanit Reskrim, Desa Lengkongjaya Kanit Lantas, dan Desa Sukareja Panit Intel,” terangnya.
Tugas para koordinator tersebut monitoring tahapan-tahapan pilkades mulai dari pencalonan hingga nanti sampai penghitungan suara, dan penetapan kepala desa.

Pengamanan penuh ini menjadi tugas bersama tidak hanya kepolisian namun juga TNI dan masyarakat Pantura.

Baca Juga:Stop Bullying, Laporkan Lewat Portal Web, Polisi Pasang Barcode di SekolahPemekaran Subang Utara Tunggu Persetujuan Pusat, Sudah Masuk Kemendagri

Sementara itu, Polres Subang akan menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak di 22 desa. Polres Subang telah menyiapkan personel untuk mengamankan jalannya pilkades serentak. Termasuk memetakan dan memonitoring desa-desa yang akan menggelar pilkades serentak tersebut.

Kabag Ops Polres Subang Kompol Iwan Setiawan SH mengatakan, dalam pilkades serentak di 22 desa, pihaknya sudah menyiapkan personel untuk pengamanan.

Dia menyebut, personel yang disiapkan sebanyak 756 orang dari total 1.135 personel yang ada di Polres Subang.

Mengenai monitoring desa-desa yang akan menggelar Pilkades Serentak pun sudah dilakukan. Polisi memetakan tahapan awal hingga akhir pelaksanaannya.

0 Komentar