PKBM Mekar Jaya Didik Warga Sekolah Setara SMA, Jawab Kebutuhan Masyarakat

PKBM Mekar Jaya
0 Komentar

BLANAKAN-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang menyelenggarakan Launching Pendidikan Kesetaraan Melalui Pagu Indikator Kewilayahan Tahun 2023, yang berlangsung di PKBM Meker Jaya Abadi Kecamatan Blanakan, Senin (9/10).

PKBM Mekar Jaya Abadi adalah lembaga pendidikan masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal (PAUD) dan Pendidikan kesetaraan, guna menjawab kebutuhan masyarakat khususnya Kecamatan Blanakan yang mayoritas warganya tidak melanjutkan sekolah formal ke jenjang yang lebih tinggi.

Ketua PKBM Mekar Jaya Abadi Triyono SIP mengatakan, lembaga pendidikan non formal yang dikelolanya itu, berdiri sejak tahun 2017 dibawah naungan Yayasan Mekar Jaya Abadi Blanakan. PKBM tersebut menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar masyarakat PAUD dan pendidikan kesetaraan paket A, B dan umumnya paket C. hal itu arena banyak lulusan setingkat SMP yang tidak melanjutkan juga kebutuhan dunia kerja industri di wilayah Kecamatan Blanakan dan sekitarnya.

Baca Juga:DPRD Subang Sudah Bahas Soal Penjabat Bupati dalam BimtekTargetkan Anies-Gus Imin Raih 80 Persen Suara di Purwakarta

Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, PKBM Mekar Jaya Abadi memiliki 16 tenaga pengajar untuk pendidikan kesetaraan ditambah 3 (tiga) pengajar PAUD 3 sehingga total tenaga pengajar 19 orang. “Jumlah tenaga pendidik dan non kependidikan sekitar 19 orang,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk saat ini jumlah peserta didik ada 330 orang. Dimana kegiatan KBM nya digilir hanya 2 kali tatap muka dalam satu pekan.

Dikatakannya, latar belakang berdirinya PKBM ini karena potensi dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan non formal, dimana banyak warga Blanakan harus ikut ke PKBM yang ada di Subang atau di kecamatan lain.

“Ya kan jaraknya jauh, jadi kita buat PKBM ini untuk masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikannya setara dengan SMA atau paket c, dan selama menyelenggarakan PKBM ini sudah meluluskan sekitar 380 orang,” tuturnya.

Launching dihadiri langsung oleh Kadisdik Subang Tatang Komara dan pejabat teras di lingkungan pemkab Subang.(dan/sep)

0 Komentar