Sisingan Jadi Ekstrakurikuler Wajib SDN KH Dewantara

Sisingan
0 Komentar

SUBANG-Sisingan atau Gotong Singa merupakan salah satu kesenian khas Subang Jawa Barat. Saat ini, Sisingan menjadi ekstrakulikuler wajib diseluruh tingkat sekolah dasar di Kabupaten Subang.

Kepala SDN KH Dewantara Kecamatan Pusakanagara Rahman Hidayat mengatakan, saai ini program ekskul Sisingaan sudah tirepakan dalam kegiatan ekskul wajib di SDN KH Dewantara.

“Penerapan ekskul ini, akan menjadi sebuah karakter bagi siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan implementasi sebagai pengembang budaya daerah,” terang Rahman Hidayat.

Baca Juga:Hendrik Berharap Museum Subang Semakin BerkembangKemenag Apresiasi Program P5RL MAN Purwakarta

Menurutnya, ekskul Sisingan tidak hanya fokus kepada gotong singa saja. Melainkan dalam seni Sisingan pun para siswa akan dikenalkan dengan kreasi tari dan lain sebagainya.

“Maka akan diberikan secara terjadwal dari gerak dasar tari Sisingaan sampai kepada tuntas, satu paket menjadi seni tari Gotong Singa,” ujarnya.

Untuk di lingkungan SDN KH Dewantara, lanjut Rahman Hidayat, tidak sulit menarik minat siswa untuk mengikuti ekskul Sisingaan. Kebetulan di lingkungan Kecamatan Pusakanagara pun ada beberapa grup seni Gotong Singa.

Potensi bakat serta minat yang tinggi dari siswa SDN KH Dewantara, maka kegiatan tersebut didorong untuk terus melakukan latihan sesuai dengan jadwal ekstrakulikuler.

“Tentunya siswa merasa senang, apa lagi banyak teknik yang mereka baru pelajari dan membuat mereka merasa riang. Sisingaan ini bisa  menjadi kegiatan ekstrakurikuelr siswa yang digemari,” pungkasnya.(cdp/ery)

0 Komentar