Jaga Jaringan Listrik dari Ancaman Pohon Tumbang, PLN Ajak Masyarakat Selalu Waspada

Pohon Tumbang
0 Komentar

SUBANG-Cuaca ekstrem seperti ini harus selalu diwaspadai. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu terhadi angin puting beliung di Rawabadak.

Angin puting beliung memiliki potensi besar untuk terjadi di wilayah Subang kota dan sekitarnya. Oleh karena itu, PLN mendesak warga untuk melakukan pemangkasan dahan pohon yang sudah lapuk guna mencegah gangguan pada jaringan listrik.

PLN bekerja sama dengan Dinas Pertamanan Subang secara aktif melakukan pemangkasan dahan pohon. Manajer PT. PLN ULP Subang Marudji menegaskan, pentingnya bagi warga untuk berhati-hati dan bersedia memangkas dahan pohon yang sudah lapuk. Hal ini bertujuan agar dahan yang patah tidak merusak jaringan kelistrikan.

Baca Juga:Calon Kepala Desa Telah Miliki Nomor UrutKompak Hijaukan Sungai Cibuaya Kabupaten Karawang

Beberapa wilayah di Subang kota memiliki pohon-pohon yang sudah lapuk. Oleh karena itu, PLN dan Dinas Pertamanan bekerja sama untuk melakukan pemangkasan.

“Jika dahan tidak dipangkas, kemungkinan patahnya ketika ada angin kencang dapat mengganggu jaringan dan berpotensi menimbulkan gangguan,” jelasnya.

Menurutnya, potensi dahan pohon yang mengganggu jaringan tidak hanya terjadi di wilayah Subang kota, tetapi juga di daerah selatan dan barat.

Oleh karena itu, dia meminta warga untuk melaporkan kepada PLN jika ada dahan pohon yang hampir mengenai jaringan untuk segera dipangkas.

Selain itu, PLN mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dalam penggunaan kelistrikan, seperti mencabut steker sebelum berpergian dan menghindari tindakan yang dapat menyebabkan korsleting dan kebakaran.
Ketua Satuan Pelaksana BPBD Kabupaten Subang Udin Jazudin mengatakan, potensi angin puting beliung di wilayah Subang kota cukup tinggi. Bahkan, Selasa siang (17/10) ada laporan tentang angin beliung di perampatan GOW namun dalam skala kecil.

Dia mengimbau agar pejalan kaki dan pengendara motor tetap waspada terutama dalam kondisi cuaca panas dengan angin kencang.

“Ketika angin kencang, pejalan kaki harus menghindari berjalan di bawah pohon yang lapuk, begitu juga pengendara motor harus waspada terhadap angin kencang,” tambahnya.(ygo/ysp)

0 Komentar