Kompak Hijaukan Sungai Cibuaya Kabupaten Karawang

Sungai Cibuaya
0 Komentar

KARAWANG-Jasa Tirta II bersama Divisi Infanteri 1 Kostrad melaksanakan karya bakti (karbak) pembersihan dan penghijauan Sungai Cibuaya di Kabupaten Karawang pada Jumat, 13 Oktober 2023 lalu.

Karya bakti ini diikuti Panglima Divisi Infanteri I Kostrad Mayjen Boby Rinal Makmum beserta jajaran, Wakil Bupati Karawang Aep Syaefulloh, dan Manajer Operasi dan Usaha Unit Wilayah II Jasa Tirta II Zainal Mustofa beserta tim.

Giat karbak dimulai dengan membersihkan Saluran Sekunder Kertalaya (Ruas B.Kya.5 s.d 7) yang berada di Desa Cibuaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Lokasi ini merupakan wilayah kerja Seksi Rengasdengklok Unit Wilayah II Jasa Tirta II.

Baca Juga:Kapolres Subang Ajak Jaga Kondusifitas Pemilu, Pastikan Kesiapan PersonelPembatalan 19 ASN di Jabatan Baru Jadi Legasi Buruk, Berdampak pada Moral Seluruh ASN

Sekitar 200 orang dari unsur Divisi Infanteri 1 Kostrad, 400 orang dari Jasa Tirta II, serta pemda dan masyarakat Desa Cibuaya tampak bergotong royong. Mereka mengangkat sampah dan gulma-gulma yang ada di saluran, dan menggali lumpur.

Untuk diketahui, Saluran Sekunder (SS) Kertalaya memiliki panjang 1,8 km dengan fungsi mengairi irigasi 5.000 hektare (dari total areal SS. Kertalaya ±12.600 ha).

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar saluran sebagai upaya penghijauan dan kelestarian sungai.

Manajer Operasi dan Usaha Unit Wilayah II Jasa Tirta II Zainal Mustofa mengatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan kepedulian lingkungan itu.

“Ini sebagai upaya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sumber-sumber air,” kata Zainal Mustofa melalui rilisnya, Selasa (17/10).

Kegiatan karya bakti pembersihan dan penghijauan Sungai Cibuaya ini, sambungnya, sangat bagus untuk membentuk kesadaran bersama. “Kesadaran semua unsur akan pentingnya menjaga kebersihan sungai,” ujar Zainal Mustofa.

Masyarakat, sambungnya, tidak boleh mengotori sungai apalagi membuang sampah ke sungai. Karena, sungai merupakan sumber air yang memiliki peranan penting untuk kehidupan manusia.

Baca Juga:Pencuri Bobol Kotak Amal Masjid Ar-Risalah, Terekam CCTVTerkait Mundurnya Dirut PDAM Purwakarta, Pj Bupati: Roda Manajemen Harus Berjalan

“Dengan menjaga kebersihan sumber-sumber air, kita juga berkontribusi menjaga kesinambungan air untuk masa depan agar air terus hadir bagi kehidupan manusia,” ucapnya.(add/ysp)

0 Komentar