45 Cakades Bersaing di Pilkades Serentak, Tersebar di 13 Desa

Pilkades Serentak
0 Komentar

PURWAKARTA-Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang kedua 2023. Secara umum, Pilkades yang tahapan pendaftarannya telah dimulai sejak 18 Agustus 2023 lalu itu, berjalan tertib dan kondusif hingga hari pencoblosan dan penghitungan suara yang dilakukan pada Minggu 22 Oktober 2023.

Tercatat, ada sebanyak 45 calon kepala desa (Cakades) yang ikut kontestasi pada 13 desa di delapan kecamatan di wilayah tersebut.

Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan didampingi Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo dan jajaran Forkopimda Purwakarta lainnya melakukan monitoring pelaksanaan hajat demokrasi desa tersebut.

Baca Juga:Kaum Marginal dan Disabilitas Dilatih Public Speaking, Tingkatkan Sumber Daya Manusia di Desa CibukamanahBakal Segera Dilantik, Himpunan Artis Penyanyi Musisi Indonesia Akan Bangkitkan Musik di Subang

Dalam keterangannya, Benni Irwan mengatakan, pelaksanaan Pilkades Serentak ini sudah terjadwal sebagai mestinya. Di mana, ada sebanyak 13 desa, yang tersebar di delapan kecamatan yang melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa. “Saya hadir untuk menyaksikan langsung bagaimana proses pemungutan suara berlangsung di beberapa TPS,” kata Benni, melalui rilisnya, Senin (23/10).

Menurutnya, giat ini dilakukan untuk memastikan bahwa prosesnya berlangsung sebagaimana rencana yang telah di susun. “Kita berharap bisa berjalan dengan tertib, dan kita harapkan partisipatif masyarakat lebih tinggi,” ujarnya.

Benni juga mengatakan, perhelatan pesta demokrasi ini pastinya ada yang menang dan ada yang kalah. Dan untuk yang kalah diharapkan dapat menerima kekalahannya dengan lapang dada.

Adapun untuk yang terpilih sebagai pemenang diharapakan tidak terlalu euforia dengan kemenangannya. Pasalnya, tugas sebagai kades, ke depannya sangat berat. “Apapun hasilnya, kita terima, dan kemudian setelah itu kita bersama-sama untuk membangun desa ini,” ucap Benni.

Sementara, Kepala DMPD Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada para panitia Pilkades dan para pihak lainnya yang telah berkontribusi pada gelaran Pilkades gelombang kedua ini. “Terima kasih kami ucapkan kepada jajaran TNI dan Polri, kawan-kawan panitia Pilkades yang sudah bekerja keras hingga terlaksananya gelaran ini dan untuk semua pihak tang telah berkontribusi pada gelaran ini, sehingga bisa berjalan lancar, aman, kondusif dan terkendali,” kata Jaya.(add/sep)

0 Komentar