JBN Inisiasi Edukasi Wasbang untuk Pelajar SMA/SMK

Pelajar SMA/SMK
0 Komentar

PURWAKARTA-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Jurnalis Bela Negara (JBN) Kabupaten Purwakarta menginisiasi kegiatan edukasi wawasan kebangsaan (wasbang) kepada para pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Purwakarta, akhir pekan kemarin.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah IV Budi Hermawan yang turut hadir dan membuka kegiatan yang berlangsung di Aula Rapat Utama Gedung DPRD Kabupaten Purwakarta ini. “Sejauh ini, baru JBN yang pertama menggelar kegiatan seperti ini. Biasanya kami yang mengundang wartawan untuk meliput kegiatan serupa. Namun kali ini, kami yang diundang kawan-kawan jurnalis,” kata Budi.

Ke depan, sambungnya, pihaknya membuka luas kerja sama dengan JBN dalam memberikan edukasi terkait bela negara, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, atau tema lainnya. “Ini kegiatan positif harus didukung dan bisa dicontoh oleh yang lain,” ujar Budi menambahkan.

Baca Juga:Baznas Purwakarta Buka Donasi untuk Palestina, Salurkan Air BersihDaftar Pemilih Sementara Pilkades di Desa Karangmulya 2.958 Orang

Terlebih, lanjut Budi, KCD tengah gencar mengusung program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Yang mana hal ini sejalan dengan maksud dan tujuan bela negara dan wawasan kebangsaan yang kerap disuarakan JBN.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purwakarta Yus Djunaedi Rusli yang hadir sebagai keynote speaker menyampaikan materi tentang struktur organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.

Yus juga menjelaskan perbedaan antara badan dan dinas. Di mana dinas merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan sementara badan adalah unsur penunjang pelaksana urusan pemerintahan.
Yang menarik, Yus sangat komunikatif dalam menyampaikan materinya. Sehingga, para peserta pun tampak antusias mendengarkan setiap materi yang disampaikan. “Kami mengapresiasi Jurnalis Bela Negara, harapannya, kegiatan serupa bisa terus terlaksana,” ucap Yus.

Adapun pemateri lainnya adalah Danramil 1904/Campaka Lettu Tri Rahmat Wijaya, Kasubbag Verifikasi, Akuntansi dan Pelaporan Setwan DPRD Purwakarta, Asmana, serta perwakilan Polres Purwakarta Iptu Muslikah.

Sementara itu, usai kegiatan, Ketua DPC JBN Purwakarta Andi Hendrik Solihin mengucapkan terima kasih kepada jajaran Setwan DPRD Purwakarta yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan edukasi wawasan kebangsaan tersebut. “Apresiasi yang sama kami sampaikan juga kepada jajaran Kodim 0619/Purwakarta, Polres Purwakarta, dan Kesbangpol Purwakarta. Secara khusus kami sampaikan terima kasih juga kepada KCD Wilayah IV yang turut mendukung kegiatan ini,” kata Hendrik.(add/sep)

0 Komentar