Deklarasi Pemilu Damai, Kapolres Purwakarta: Siap Ciptakan Situasi Kondusif, Jaga Stabilitas Kamtibmas

Kapolres Purwakarta
0 Komentar

PURWAKARTA-Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan didampingi Forkopimda Kabupaten Purwakarta menghadiri sekaligus menandatangani Deklarasi Pemilu Damai di Wilayah Kabupaten Purwakarta, bertempat di Pendopo Purwakarta, Senin (6/11).

Pelaksanaan deklarasi pemilu damai di wilayah Provinsi Jawa Barat ini dilaksanakan secara terpusat di Kabupaten Ciamis, dan diikuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat serta berbagai unsur secara virtual.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Purwakarta Dian Hadiana menyampaikan, pihaknya sudah menentukan daftar pemilih tetap berdasarkan usia dan beberapa persyaratan.

Baca Juga:Jelang Tahapan Kampanye, Panwaslu Sukatani Purwakarta Panaskan MesinSerbu Sekolah, Babinsa Karawang Kuatkan Wawasan Kebangsaan Tumbuhkan Cinta Tanah Air

Pihaknya juga sudah merekrut badan ad hoc se-Kabupaten Purwakarta baik dari desa, kelurahan dan kecamatan. Tak sampai di situ, pihaknya pun sudah menentukan KPPS yang lolos verifikasi, dan sudah menentukan enam rangkaian atau tahapan yang akan dilaksanakan pada saat pemilu 2024. “Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada TNI-Polri, Pemkab Purwakarta, dan seluruh stakeholder yang telah menyelenggarakan dan menyukseskan kegiatan deklarasi pemilu damai ini,” kata Dian.

Adapun isi deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yakni, pertama, akan melaksanakan Pemilu 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

Kedua, akan mematuhi dan mentaati segala bentuk dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu 2024 sesuai dengan koridor hukum.

Ketiga, menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Keempat, menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah Provinsi Jawa Barat. “Diharapkan pemilu tahun 2024 nanti dapat berjalan lancar, aman, tertib, kondusif dan para petugas dapat bersikap jujur,” ujar Dian.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain menyatakan jajarannya siap dan mendukung penuh upaya menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pemilu 2024 ini. “Polres Purwakarta bersama TNI dan masyarakat siap bersinergi menjaga serta menciptakan situasi kondusif untuk mewujudkan Kabupaten Purwakarta yang aman selama tahapan Pemilu 2024,” ucap Kapolres.

Oleh karena itu, sambungnya, kolaborasi dan komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan dalam deklarasi damai ini. “Deklarasi ini menjadi langkah penting guna memastikan kesuksesan Pemilu 2024 di Provinsi Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Purwakarta,” kata Kapolres menambahkan.

0 Komentar