91 Persen Warga Suntenjaya Gunakan Hak Pilih, Berharap Penghargaan Khusus dari KPU

Warga Suntenjaya
Kades Suntenjaya, Asep Wahono
0 Komentar

BANDUNG BARAT-Menjadi salah satu desa dengan tingkat partisipasi masyarakat paling tinggi dalam menyukseskan Pemilu, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengharapkan adanya penghargaan yang diberikan khusus KPU KBB.

Penghargaan tersebut selain akan menjadi rasa bangga bagi masyarakat Desa Suntenjaya, juga akan menjadi motivasi bagi desa lainnya dalam menyambut pesta demokrasi, Pemilu Serentak Tahun 2024 serta Pemilu-pemilu di tahun-tahun selanjutnya.

Kepala Desa Suntenjaya, Asep Wahono mengatakan, mayoritas penduduk di Desa Suntenjaya berprofesi sebagai petani dan peternak sapi perah. Meski begitu, hampir semua masyarakat Desa Suntenjaya menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tanpa terhalang pekerjaan bertani dan beternak sebagaimana antusiasme masyarakatnya dalam menyukseskan Pemilu di Tahun 2019 lalu. “Alhamdulillah untuk warga Desa Suntenjaya sangat antusias untuk menyambut Pemilu 2024,” ucap Asep saat ditemui, Senin, (13/11).

Baca Juga:Oke Rosgana, Warga Subang Yang Raup Ratusan Juta dari Karya DesainWisata Cimincul Subang, Kejernihan Air Sebening Kaca

Kendati tingkat partisipasi dalam menyukseskan Pemilu sangat tinggi, dia mengakui, masyarakat yang berprofesi sebagai petani lebih mudah datang ke tempat pemungutan suara (TPS) ketimbang masyarakat yang berprofesi sebagai peternak. Hal itu dikarenakan, mengurus ternak lebih terjadwal dengan tingkat kesibukan yang lebih tinggi.

“Tapi Alhamdulillah untuk masalah Pemilu bahkan pemilihan RT, RW, sampai pemilihan kepala desa sudah menjadi hal yang biasa bagi warga Desa Suntenjaya. Jadi mereka mengantisipasi pakan ternak minimal dua hari sebelum hari pemilihan sudah tersedia agar mereka bisa leluasa menuju TPS tanpa khawatir ternaknya tidak terurus,” katanya.

“Dan mereka (para peternak) waktu pencoblosan mendapat prioritas didahulukan,” ujarnya.

Dibeberkan Asep, pada Pemilu 2019 lalu, tingkat partisipasi masyarakat Desa Suntenjaya yang menggunakan hak pilihnya di TPS paling banyak dan terbaik se-Kecamatan Lembang. Sebab, lebih dari 91 persen masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) menggunakan hak pilihnya baik untuk Pileg, Pilpres, Pemilihan DPD RI, maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kami bangga, karena 91 persen warga Desa Suntenjaya menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. Sisanya yakni, sembilan persen itu warga yang keluar (bekerja di luar daerah), sementara yang tetap di Desa Suntenjaya ikut serta dalam menyukseskan Pemilu,” ungkapnya.

0 Komentar