Himatronika-AI UPI Terangi Warga Kampung Cileungsing, Perbaiki Berikan Fasilitas Penerangan Layak untuk Masyarakat

Himatronika-AI UPI
0 Komentar

PURWAKARTA-Himpunan Mahasiswa Mekatronika dan Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence (Himatronika-AI) UPI Kampus Purwakarta sukses menggelar kegiatan sosial “Trisula Suaka” di Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta pada Sabtu, 11 November 2023 lalu.

Kegiatan yang disponsori oleh P Trans, PT. Reka Guna Mulya, dan Anggota Komisi IX DPR-RI drg. Putih Sari ini digelar dalam rangka mengimplementasikan poin ketiga Tridarma Perguruan Tinggi yakni, Pengabdian kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut ini menitikberatkan sasarannya kepada seluruh masyarakat di RT 02/RW 01, Kampung Cileungsing, Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:800 Anak Meriahkan Festival Kreasi Anak Saleh SDIT Cendekia PurwakartaSMA MH Yasin Sukses Gelar Perlombaan PMR, Angkat Nila-nilai Kemanusian

“Fokus utama kegiatan ini adalah memperbaiki serta memberikan fasilitas penerangan yang memadai dan layak untuk masyarakat RT 02,” kata Ketua Pelaksana Trisula Suaka, Lintang Gemilang saat dikonfirmasi, Sabtu (18/11).

Pasalnya, kata Lintang, akses menuju lokasi memang tidak memiliki penerangan yang cukup baik sehingga rawan mengakibatkan kecelakaan serta bahaya lainnya. “Melalui Trisula Suaka ini puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himatronika-AI yang yang didukung para sponsor, bergerak untuk memberikan bantuan,” ujar Lintang menambahkan.

Bantuan tersebut, sambungnya, di antaranya berupa pemasangan lampu jalan otomatis yang terintegrasi dengan sensor gerak radar berbasis panel surya di beberapa titik menuju pemukiman warga. “Lampu berbasis panel surya ini dipilih karena ramah lingkungan, tidak memerlukan listrik dan hanya mengandalkan sinar matahari,” ucapnya menuturkan.

Selain itu, mahasiswa juga melakukan kegiatan sosial lainnya seperti memperbaiki toilet dengan mengganti keran air dan lampu, mengecat musala, hingga membersihkan fasilitas umum. “Mahasiswa juga melakukan pengajaran pada anak-anak tentang Bahasa Inggris, matematika, dan prakarya, serta melakukan sosialisasi mengenai pengetahuan umum alat-alat elektronika,” kata Lintang.

Pihaknya juga mengingatkan pentingnya penerangan jalan untuk keselamatan bersama, dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk menjaga serta merawat lampu jalan yang telah terpasang di beberapa titik.

Kegiatan ini pun mendapatkan respons positif dari seluruh masyarakat yang ada. Hal ini didukung oleh pernyataan yang dilontarkan oleh Imas selaku Ketua RT 02 pada sesi bincang-bincang.

Imas menyebutkan, seluruh warga menyambut hangat kedatangan mahasiswa Himatronika-AI yang membantu pengadaan fasilitas yang masih kurang di Kampung Cileungsing. “Saya juga berharap kerjasama dan silaturahmi seperti ini dapat terus berjalan ke depannya,” ujar Imas mewakili warga RT 02.(add/sep)

0 Komentar