Saat Dampingi Pj Gubernur Jabar, Bupati Subang Sampaikan Pemda Sudah Berusaha Atasi Abrasi di Pesisir Pantura

Saat Dampingi Pj Gubernur Jabar, Bupati Subang Sampaikan Pemda Sudah Berusaha Atasi Abrasi di Pesisir Pantura
Bupati Subang H Ruhimat bersama Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat menanam mangrove.
0 Komentar

SUBANG-Bupati Subang H Ruhimat ikut mendampingi Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam agenda Hari Menanam Pohon Indonesia dalam rangka Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai tingkat Provinsi Jawa Barat  di Pantai Pondok Bali, Kecamatan Legonkulon, Senin (27/11). Kegiatan ini bertemakan “Sehatkan DAS, Sejahterakan Masyarakat”.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Dodit Ardian Pancapana menjelaskan di tahun 2019 yang lalu, tambak seluas 300 hektar di wilayah tersebut sudah berubah menjadi lautan.

“Jawa Barat hari ini bisa kita sebutkan ada sekitar 829rb hektar lahan kritis,” ucapnya.

Baca Juga:Warga Subang Tak Sabar Ingin Gunakan Jalan Cipeundeuy-Serangpanjang, Saat Ini Tengah Proses Pembukaan Jalan Tahap KeduaGus Muhaimin Didaulat Jadi Bapak Pemekaran Subang Utara

Dalam ikhtiarnya dalam mengembalikan lahan kritis, pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta Pemerintah kabupaten/kota bekerja sama melakukan melaksanakan gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai.

Dodit menjelaskan, gerakan bersama di 27 tempat dengan melakukan penanaman dengan penanaman lahan seluas 675 hektar.

Sementara itu, Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat membuka sambutan selamat datangnya mengajak semua yang hadir untuk selalu bergotong-royong dalam berbagai kegiatan, karena dengan gotong-royong hal yang sulit akan mudah dilakukan.

Ruhimat menghaturkan rasa terima kasih khususnya apresiasi kepada Kepala Dinas Kehutanan provinsi, karena kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Subang.

“Mudah-mudahan betul-betul mampu untuk mengimbangi akan demikian sudah kritisnya lahan.” harap Kang Jimat.

Ruhimat menyatakan, bahwa berbagai upaya telah dirinya lakukan demi mengatas abrasi yang terjadi di wilayah pantai utara, salah satunya dengan menjalin komunikasi dengan BNPB.

Dirinya juga berharap, penanaman mangrove yang dilaksanakan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi di wilayah pantai.

Baca Juga:Dr Aqua Dwipayana: Kolaborasi Erat Antarkomponen di Lingkungan Ditpolairud Polda Sumbar dan Komponen Lain Awal dari Hadirnya Pelayanan yang Presisi kepada MasyarakatDinkes Purwakarta Realisasikan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau, Untuk Tanggung Biaya Iuran JKN Puluhan Ribu Warga 

“Kami pun memang sudah berupaya dengan kami sudah berhubungan dengan BNPB pusat, mudah-mudahan dengan kegiatan ini betul-betul bisa menyelesaikan terkait permasalahan yang ada di wilayah kami,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan bibit tanaman kepada penyuluh kehutanan, penyerahan sertifikat simetri bibit, penyerahan bibit bandeng dan penyerahan sertifikat Kampung iklim yang diserahkan oleh PJ Gubernur Jawa Barat, dan didampingi oleh Kang Jimat.

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyambut baik penanaman pohon mangrove yang kini dilaksanakan, karena dirinya menyadari bahwa banyak sekali pantai-pantai atau laut yang mengalami kerusakan dan tentunya harus dirawat kembali.

0 Komentar