Bawaslu Subang Awasi Distribusi Logistik Pemilu, Saat Proses Pengadaan Masih Terus Berlangsung

Bawaslu Subang
0 Komentar

SUBANG-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Subang mengawasi secara serius dan ketat dalam proses pengadaan dan distribusi logistik untuk Pemilu 2024.

Para pengawas pemilu di tingkat kabupaten hingga jajaran di Kecamatan se-Kabupaten Subang sudah diberikan pembekalan terkait Rapat Kerja Teknis Persiapan Pengawasan Logistik pada Pemilu Tahun 2024.

Koordinator Divisi SDM dan Diklat yang sekaligus merupakan Penanggung Jawab Pengawasan Logistik Pemilu, Imanudin menilai bahwa logistik pemilu sangat penting sekali.

Baca Juga:Kepala Sekolah di Subang Ikuti Pembinaan KinerjaPT PLN Ajak Kolaborasi Global Capai NZE Nasional 2060

Ia menyampaikan, pemungutan suara pada 14 Februari 2024 nanti tidak akan bisa dilaksanakan jika tidak ada logistik Pemilu.

“Berbagai perlengkapan pemungutan suara harus benar-benar ada sesuai ketentuan yang ada. Untuk itu, para pengawas pemilu di Kabupaten Subang khususnya jajaran Panwascam setelah diberikan pembekalan agar terus melakukan pengawasan pengadaan dan distribusi logistik,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan pemilu kali ini dilaksanakan dengan tahapan kampanye yang hanya 75 hari. Sehingga proses pengadaan logistik pemilu juga terbilang tidak lama.

“Di tambah lagi, saat ini hingga nanti Februari 2024, juga sedang musim hujan. KPU Subang sebagai penyelenggara pemilu diharapkan untuk terus melakukan perencanaan dan pelaksanaan pengadaan dan distribusi logistik secara baik dan sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pengawasan menurut Omanudin, saat ini proses pengadaan logistik atau perlengkapan pemilu masih terus berlangsung.

“Beberapa perlengkapan pemilu seperti kotak suara, bilik suara, tinta, kabel ties dan lain-lain sudah kita lakukan pengawasan dan sudah kita pastikan tersimpan digudang milik KPU Kabupaten Subang,” jelasnya.

“Untuk surat suara Pemilu 2024, menurut informasi dari KPU Subang akan dicetak sesuai jadwal pencetakan yakni tanggal 11-13 Desember 2023. Sedangkan distribusinya ke KPU Kabupaten Subang Januari 2024,” jelasnya.
Menurutnya, para pengawas pemilu akan terus melakukan pengawasan pengadaan dan distribusi logistik pemilu.

Baca Juga:SMK Tasa Kolaborasi dengan Telkom, Wujudkan Lulusan Siap Pakai Dunia KerjaCocok Memimpin Kota Cimahi, Ketua HIPMI Papua: Sosok M. Firaldi Baik Humanis dan Bersahaja

Pengawas pemilu melakukan pengawasan secara langsung ke perusahaan/penyedia, pengawasan langsung saat kedatangan logistik di gudang KPU Kabupaten Subang, melakukan pengecekan kualitas dan standar logistik dan lain-lain.

“Bawaslu Kabupaten Subang juga sudah melakukan pencegahan malalui imbauan maupun saran perbaikan. Logistik Pemilu harus tepat jumlah, tepat jenis, tepat waktu, tepat sasaran, dan hemat anggaran,” jelasnya.

0 Komentar