Capaian PAD Subang Baru Rp5,7 Miliar, DPMPTSP : Kami Maksimalkan SKRB

PAD Subang
0 Komentar

SUBANG-Potensi pendapatan asli Daerah (PAD) Kabupaten Subang sangat besar, jika bisa memanfaatkan peluang. Bupati Subang H Ruhimat yang sebentar lagi akan habis masa jabatannya, telah menginstruksikan ke beberapa SKPD agar mencari dan memanfaatkan peluang tersebut.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayana Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Subang, ditargetkan Rp8 miliar di tahun 2023. Dari Bulan Januari hingga saat ini baru tercapai Rp5,7 miliar saja.

Kepala DPMPTSP Subang Dikdik Solihin mengatakan, untuk target PAD yang dibebankan ditahun 2023 ini mencapai Rp8 miliar, namun sampai saat ini pihaknya baru bisa mencapai Rp5,7 miliar.

Baca Juga:Menikmati Segelas Es Coklat dan Roti Sambil BermimpiSD Plus 3 Al-Muhajirin Syuting Jingga dan Digi, Disutradarai Pembuat Preman Pensiun dan Ojek Pengkolan

“Betul, kita baru mencapai Rp5,7 miliar,” kata Dikdik saat dihubungi melalui telpon selulernya.

Capaian tersebut, Dikdik menjelaskan berasal dari Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) yang mana untuk perizinan yang bisa ditarik retribusinya hanya jenis itu saja

“Ada puluhan izin di kita, tapi yang sifatnya bisa ditarik rupiahnya hanya Izin retribusi PBG saja,” jelasnya.

Ditambahkan Dikdik, untuk pencapaian saat ini, pihaknya sangat optimis bisa memenuhi target yang ada. Hal tersebut karena ada Surat Keterangan Retribusi Daerah (SKRB) yang ada di perusahaan-perusahaan di Kabupaten Subang. SKRD itu bernilai Rp1 miliar dan retribusi dari perusahaan belum membayarkannya.

“Mekanismenya harus ditempuh. Kita sudah mengedarkan SKRD kepada puluhan perusahaan, potensi mencapai Rp1 miliar,” ungkapnya.

Dikdik mengatakan, target tersebut optimis bisa diraih hingga akhir bulan Desember ini.

Sementara itu Kepala Bapenda Subang H Dadang Darmawan mengatakan, untuk pencapaian target PAD di tahun 2023 ini, pihaknya sesumbar akan tercapai.

Baca Juga:Abdul Hadi Wijaya: Penanganan ODGJ di Jabar Jauh dari Standar, Viral 40 ODGJ Asal Kabupaten Bandung Terlantar di CilacapPulihkan Lingkungan Pantai, Dishut Jabar Tanam Ribuan Pohon Mangrove di Pantai Pondok Bali Subang

“Sudah 80 persen lebih capaian kita, pasti target terpenuhi,” tegasnya.(ygo/wry)

0 Komentar