Ekstrakurikuler dan Fasilitas Memadai Dongkrak Prestasi Siswa SMPN 1 Cipeundeuy Subang

SMPN 1 Cipeundeuy
0 Komentar

SUBANG-Kabupaten Subang terdapat banyak sekolah berprestasi, salah satunya adalah SMPN 1 Cipeundeuy. SMPN 1 Cipeundeuy berdiri pada tanggal 30 Mei 1991. Sekolah ini beralamat di Jl. Raya Wantilan-Cipeundeuy, Kecamatan Cipeundeuy. Tempatnya dekat dengan jalan raya sehingga mudah untuk ditemukan.

SMPN 1 Cipeundeuy memiliki 52 tenaga pendidik yang semuanya telah memperoleh gelar S1. Sekolah ini juga memiliki 31 rombongan belajar dengan rincian 11 rombongan belajar kelas 7, 10 rombongan belajar kelas 8, serta 10 rombongan belajar kelas 9 dengan jumlah siswa sebanyak 1000 orang.

“SMPN 1 Cipeundeuy telah menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar yang telah kita gunakan sejak tahun ajaran 2022/2023 dan 2023/2024. Maka dari itu, saat ini kurikulum tersebut telah digunakan di kelas 7 dan 8. Untuk kelas 9 masih menggunakan Kurikulum 2013,” ucap Kepala Sekolah SMPN 1 Cipeundeuy Drs H Herman Pramudjo MMPd.

Baca Juga:SMAN 1 Pamanukan Jadi Sekolah Favorit di Pantura, Komitmen Lestarikan Lingkungan SekolahBKR Kampung KB Mandala Subang Berhasil Bina Remaja

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Konten pembelajaran akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

SMPN 1 Cipeundeuy juga memiliki fasilitas yang dapat digunakan seperti ruang belajar, lapangan, mushola, toilet, ruang PMR, dan lain sebagainya.

“Untuk sarana pra sarana alhamdulillah SMPN 1 Cipeundeuy audah cukup menunjang, untuk kegiatan ANBK kita sudah melaksanakannya secara mandiri,” ucap Wakasek Kesiswaan Agus Sutopo SPd.

Terdapat beberapa ekstrakurikuler yang dapat dipilih siswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya, antara lain Pramuka, Paskibra, PMR, Pencak Silat, Taekwondo, Bola Voli, Futsal, Marching Band, dan lain sebagainya.

Dengan beragam ekstrakulikuler serta fasilitas yang ada, SMPN 1 Cipeundeuy dapat melahirkan siswa dan siswi yang berprestasi. Telah banyak prestasi yang didapatkan dari berbagai bidang, yang terbaru salah satu siswanya lolos ke Festival Tunas Bahasa Ibu 2023 tingkat Jawa Barat.

Selain itu, SMPN 1 Cipeundeuy panen prestasi di UIN Taekwondo Championship 5 tingkat se-Pulau Jawa 2023 antara lain, Juara 1 Kyorugi Cadet Under 37 Kg Putri, Juara 1 Kyorugi Cadet Under 44 Kg Putri, Juara 3 Kyorugi Cadet Under 52 Kg Putri, Juara 2 Kyorugi Cadet Under 31 Kg Putri, dan Juara 3 Kyorugi Cadet Under 44Kg Putri.

Selain Taekwondo, salah satu siswanya juga berprestasi di cabang beladiri lainnya seperti Karate yang memenangi Juara 1 dan Medali Emas Pemula KATA Perorangan Sabuk Kuning dalam kejuaraan IPDN Karate Open Championship 2023 – Sirkuit III Jawa Barat.

0 Komentar