Pemdes Mekarwangi Komitmen Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Pemdes Mekarwangi
0 Komentar

SUBANG– Pemdes Mekarwangi mengadakan kegiatan pelatihan pertanian dalam upaya meningkatkan dan menstabilkan produksi padi tersebut. Kegiatan berlangsung di lokasi wisata air kolam renang Tirta Cihaur Angsana Desa Mekarwangi Kecamatan Pagaden Barat, Kamis (14/12).

Kepala Desa Mekarwangi Kecamatan Pagaden Barat, menyampaikan pelatihan ini sebagai upaya pemdes untuk para petani agar produksi pertanian berhasil dan meningkat. Baginya, program pertanian dan ketahanan pangan juga menjadi agenda kerja tahunan.

“Kita ingin produksi padi di Desa Mekarwangi tetap unggul dan meningkat,” katanya.

Baca Juga:Festival Galuh Pakuan Cup Resmi Digelar di SUbangFestival Etnosainspreneur di Subang jadi Ajang Tampilkan Karya Siswa, Diapresiasi Bupati Ruhimat

Sementara itu, Camat Pagaden Barat Iwan Nirwana mengatakan, Desa Mekarwangi adalah salah satu desa yang potensi produktivitas pertaniannya sangat bagus. Sistem irigasinya yang bagus didukung ketersediaan air yang cukup.

Menurutnya, sawah yang luas adalah salah satu indikator peningkatan produksi hasil pertanian.

Namun demikian perlu juga ditunjang oleh ketersediaan pupuk baik organik maupun anorganik. Validasi kartu tani untuk mendapatkan pupuk di kios yang telah ditunjuk.

“Saya kira pelatihan ini, sebagai motivasi bagi petani, untuk menjaga produksi dan meningkatkan hasil panen,” tuturnya.

PPL Pertanian Ari mengajak petani agar serempak saat masa tanam atau musim tanam sesuai jadwal atau golongan air. Keserempakan saat musim tanam akan lebih menekan populasi OPT atau organisme pengganggu tanaman.

Dia mengatakan, pola tani serempak, penyemprotan serentak akan berpengaruh terhadap minimnya populasi hama, sehingga tanaman padi berkembang normal dan hasil panen melimpah.

Ucok petani Kampung Cikondang mengatakan, dengan pelatihan ini menjadikan menambah wawasan dan pengetahuan soal pertanian dan bagaimana tehnik dan pola bertani yang baik agar hasil panen bagus berlimpah.(dan/ysp)

0 Komentar