Akselerasi Pendidikan Lewat Komunitas Belajar

Akselerasi Pendidikan
0 Komentar

SUBANG-Pelantikan Ketua MGMP dan Ketua Asosiasi Terpilih Kabupaten Subang dilakukan dalam agenda Optimalisasi Komunitas Belajar yang diselenggarakan oleh Disdikbud Bidang Pembinaan SMP Kabupaten Subang yang bertempat di SMPN 3 Subang, belum lama ini (12/1).

Dalam sambutannya, Kabid SMP Disdikbud Subang Leni Lesnawati menyampaikan peran penting komunitas belajar sangat strategis dalam ekosistem pendidikan di Kabupaten Subang.

“Melalui komunitas belajar maka bapak/ibu bisa memberikan kontribusinya. Di situ terjadi sinergitas kolaborasi baik dari pengawas, pembina, kepala sekolah, para guru, peserta didik, orang tua, masyarakat, serta stakeholder yang peduli terhadap pendidikan,” ucapnya.

Baca Juga:Gowes dari Jakarta, Pangkostrad Berbagi di Purwakarta17 Pimpinan PT di Purwakarta Bentuk Forpim Perti, Kolaborasi dengan Pemda Majukan Pendidikan

Ia menambahkan, anggota MGMP bisa bergabung dalam wadah mata pelajaran, serta bisa berbagi praktik baik, berbagi informasi ilmu pengetahuan, dan menyusun proses pembelajaran yang berkualitas untuk peserta didik.
“Melalui wadah tersebut diharapkan peran serta kontribusi bapak/ ibu semuanya. Dalam komunitas tersebut akan terjadi percepatan pendidikan di Kabupaten Subang,” ucapnya.

Setelah itu, Kadisdikbud Subang Tatang Komara, melantik secara langsung Ketua MGMP dan Ketua Asosiasi Terpilih Kabupaten Subang. Kadisdikbud Subang Tatang Komara kemudian menyampaikan ucapan selamat kepada nama-nama yang terpilih tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada para pengurus yang baru, baik asosiasi maupun Ketua MGMP,” ucapnya.

“Tentu saja bapak/ ibu sudah paham ini bukan kali pertama kita terbentuk sebagai kelompok belajar seperti ini, tetapi merupakan rangkaian kegiatan yang sebelumnya sudah dilakukan. Bagi saya ini menjadi penting, kehadiran bapak/ ibu di kelompok belajar maka gairah pembelajaran tentu terimplikasi juga kepada mentor pendidikan yang ada di Kabupaten Subang,” ucapnya.

Komunitas belajar merupakan wadah bagi guru untuk belajar bersama dan berkolaborasi secara rutin, memiliki tujuan yang jelas dan terukur dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar murid.(fsh/ysp)

Daftar Ketua MGMP di Subang
Ketua : Asep Sutisna (SMPN 3 Subang)
Sekretaris : Purwanto (SMPN 1 Subang)
Bendahara : Markiawati  (SMPN 1 Jalan Cagak)

1. Ketua MGMP PKN : Budi Sagitariawan, S.Pd (SMPN 1 Subang)
2. Ketua MGMP Matematika : Kusyanto, M.Pd (SMPN 2 Pagaden)
3. Ketua MGMP Bahasa Indonesia : Marliawati  S.Pd, MM.Pd (SMPN 1 Jalan Cagak)

0 Komentar