SD PIT Bhaskara Miliki Toilet di Tiap Kelas, Ciptakan Lingkungan Sekolah Nyaman

SD PIT Bhaskara
0 Komentar

SUBANG– SD PIT Bhaskara memiliki satu toilet di setiap kelasnya untuk digunakan siswa dan guru. Total sekolah ini memiliki 23 toilet dari 15 kelas.

“Jadi di sini setiap kelas memiliki satu toilet, wastafel, serta tempat wudhu yang berjumlah empat keran,” ungkap Kepala Sekolah SD PIT Bhaskara Unib Sobirin SPd kepada Pasundan Ekspres, Selasa (23/1).

Dengan jumlahnya yang sebanyak itu, Unib memberikan tanggungjawab kebersihannya kepada masing-masing kelas.

Baca Juga:Pakai Knalpot Brong, Kapolres: Pengendara Dapat Sanksi PidanaIKA Smanda Usung Kang Gegen Nyalon Bupati, Dinilai Miliki Segudang Pengalaman

“Dengan adanya satu toilet di setiap kelasnya, para siswa dapat memiliki rasa tanggung jawab dalam kebersihannya karena toilet, wastafel, dan tempat wudhu tersebut juga merupakan bagian dari kelas mereka,” ucapnya.
Untuk memberikan semangat kepada anak didiknya mengenai menjaga kebersihan di lingkungan kelas, Ia selalu mengadakan penilaian kebersihan kelas.

“Nanti kalau kelas tersebut memiliki nilai kebersihan terbaik akan mendapatkan bendera hijau, jika kotor akan mendapatkan bendera hitam,” ucapnya.

Ia mengatakan, pembangunan satu kelas satu toilet tersebut merupakan inovasi dari Yayasan Bhaskara demi menciptakan lingkungan pendidikan yang nyaman.

“Dengan demikian, para siswa akan semakin betah dan nyaman berlama-lama di sekolah. Mengingat waktu pembelajaran SD PIT Bhaskara berlangsung sampai sore,” ucapnya.

Menurutnya, inovasi tersebut merupakan suatu gebrakan di Kabupaten Subang, karena belum ada sekolah yang memiliki inovasi serupa.

“Saya berharap agar kami bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya, karena setahu saya sekolah yang memiliki satu kelas satu toilet baru ada di SD PIT Bhaskara dan belum ada di sekolah lain di Kabupaten Subang,” ucapnya.(fsh/ysp)

0 Komentar