Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang Aktifkan Kembali Koperasi Unit Desa

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang
0 Komentar

KARAWANG-Pertengahan tahun 2024, Dinas Koperasi dan UKM Karawang akan kembali menghidupkan Koperasi Unit Desa (KUD). Selain program terbaru bagi pelaku UMKM, Dinkop Karawang juga menyiapkan program terbaru bagi koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang, Rohman menjelaskan, program revitalisasi Koperasi Unit Desa (KUD) di Karawang. Meski begitu koperasi ini akan difokuskan bagi petani terlebih dahulu.

“Kaitan dengan koperasi, saya ingin mengangkat unit koperasi desa kembali. Saya ingin revitalisasi KUD, kurang lebih ada 42 KUD di Karawang. Asetnya rata-rata tanah dan masih ada, jadi kita ingin bentuk lagi KUD, yang cenderung lebih ke arah pertanian. Saya sudah berkomunikasi dengan Kadistan, untuk mendorong petani kita masuk ke dalam KUD,” ujarnya.

Baca Juga:TNI-Polri Tetap Sinergi Jaga KondusifitasCegah WNA Nyoblos di Pemilu 2024, Kantor Imigrasi Perkuat Tim Pora

Rohman mengatakan, di dalam koperasi tersebut akan disediakan bahan-bahan pertanian bagi anggota. Meski begitu ketika telah berjalan dan terdapat inovasi lainnya, maka KUD juga dapat menyediakan bahan kebutuhan yang lain.

“Untuk konsep KUD tersebut masih menggunakan sifat dasar koperasi, seperti pembelian bahan bibit dan pupuk. Sifatnya koperasi itu ada iuran wajib dan pokok. Konsepnya seperti koperasi, sementara ini kami fokus untuk barang pertanian dulu. Di tengah perjalanan dapat menjual barang tidak menjadi masalah,” ucapnya.

Dengan demikian, program tersebut akan ditargetkan pada pertengahan tahun yang sudah terbentuknya pengurus KUD yang terbaru. Sekarang ini sejumlah 42 KUD sudah tidak ada pengurus. Hingga tulisan ini ditulis dari dinas pertanian dan ketahanan pangan belum memberikan pernyataannya.

“Alhamdulillah dari Dinas Pertanian memberikan dukungan. Anggotanya nanti dari Gapoktan, masa pertengahan tahun sudah ada terbentuknya kepengurusan dulu. Sekarang pengurusnya sudah tidak ada, target kita tahun ini terbentuk dulu saja,” tutupnya.(dik/ery)

0 Komentar