Tanjakan Spongebob Viral Kerap Terjadi Kecelakaan

Tanjakan Spongebob
0 Komentar

BANDUNG BARAT-Sebuah tanjakan di Kp. Bukanagara, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang viral diberi nama tanjakan Spongebob yang kerap terjadi kecelakaan bagi pengendara yang melewatinya.Tanjakan yang memiliki kemiringan hampir 90 derajat itu jadi jalur alternatif bagi wisatawan menuju sejumlah objek wisata di kawasan Lembang, terutama di hari Sabtu dan Minggu.

Ketua RW 01 Kp. Bukanagara, Risky mengatakan, tanjakan yang awalnya memiliki nama tanjakan langit itu kerap memakan korban kecelakaan. Kendaraan seperti sepeda motor atau mobil gagal menanjak hingga terjadi kecelakaan. “Banyak pengendara yang menjadi korban kecelakaan dari tanjakan ini, karena tidak kuat menanjak dan mundur kembali ataupun motor yang sering mengalami rem blong ketika turun dari tanjakan itu,” ucap Risky kepada Pasundan Ekspres, kemarin

Adapun yang menyebabkan kecelakaan itu kerap terjadi, kata dia, lantaran kondisi kendaraan yang kurang baik, pengemudi yang tidak berhati-hati dan teliti. Apalagi saat hujan jalan menjadi licin yang sangat membahayakan pengendara. “Sebenernya yang banyak penyebab kecelakaan di tanjakan itu,” ujarnya.

Baca Juga:Kawasan Lembang Bukan Endemik DBD, Diklaim Tak Ada Kasus MeninggalFatayat NU Siap Sukseskan Pemilu 2024

Meski demikian, kata Risky, tidak ada perhatian khusus dari pihak pemerintah setempat baik Pemerintah Kecamatan Lembang atau pihak terkait lainya. Namun dalam upaya antisipasi terjadinya korban kecelakaan, warga setempat selalu berjaga dan memberikan arahan kepada pengendara ketika akan melewati tanjakan tersebut.

“Untuk mencegah kecelakaan, ada yang berjaga di dekat tanjakan memberitahu para pengendara ketika akan melewati tanjakan. Seperti untuk mobil supaya bisa melalui tanjakan itu diimbau untuk mematikan AC dan sebagian penumpang harus turun. Pengendara motor juga sama karena ketika kelebihan beban pasti kendaraan tidak akan naik sehingga terjadi kecelakaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Risky menjelaskan, tanjakan yang menghubungkan antar kampung di Lembang ini viral setelah banyak kejadian dan menyebutnya sebagai tanjakan Spongebob. Namun warga sekitar tidak ada yang tau asal usul nama penyebutan tanjakan spongebob ini. “Saya tidak tau kenapa tanjakan ini viral dan warga sekitar juga tidak ada yang memberi nama tanjakan spongebob, hanya saja mungkin remaja dan anak-anak yang menamainya,” pungkasnya.(yar/sep)

0 Komentar