Atasi Lonjakan Harga Beras, Pj Bupati Subang Ajak Masyarakat ke Pangan Murah di Cibogo

Gerakan pangan murah
Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd, turut serta dalam Gerakan Pangan Murah
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd, turut serta dalam Gerakan Pangan Murah yang digelar di Halaman Kantor Desa Belendung-Cibogo pada tanggal 22 Februari 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kab. Subang melalui Dinas Ketahanan Pangan, bertujuan untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan di wilayah tersebut.

Camat Cibogo, Sri Novia S.I.P., menyatakan bahwa Gerakan Pangan Murah ini dilaksanakan sebagai upaya mengatasi keterbatasan bahan pangan yang menyebabkan lonjakan harga.

Baca Juga:Harga Beras Melonjak Warga Subang Antre Beli Beras di Gerakan Pasar MurahDiduga Kelelahan Saat bertugas, 1 Anggota Panwaslu Karawang Meninggal

 Ia menekankan bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif di tengah fluktuasi harga dan kelangkaan komoditas, membantu warga setempat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Subang, Rd. Maman Firmansyah, S.Sos., M.Si, menjelaskan bahwa lonjakan harga bahan pokok, khususnya beras, telah mencapai level yang mengkhawatirkan, melebihi Rp. 15.000.

Gelaran Pangan Murah diharapkan dapat memudahkan akses masyarakat terhadap bahan pokok dengan harga lebih terjangkau.

Pj. Bupati Subang, Dr. Imran, M.Si., MA.cd, dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa inflasi harian di Subang sangat dipengaruhi oleh harga bahan pokok, terutama beras.

Beliau menyatakan keheranannya atas kenaikan harga beras di Subang, mengingat Subang sebagai lumbung padi terbesar ketiga di tingkat nasional dan provinsi.

Dr. Imran, M.Si., MA.cd, menyoroti perlunya perhatian serius dalam menghadapi kondisi ini, dari manajemen produksi hingga pemasaran.

Ia mendorong BUMD Subang untuk fokus dari hulu hingga hilir dalam pengelolaan sektor pertanian, dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan lokal.

Baca Juga:Siap-siap NIK sebagai NPWP akan Segera Berlaku 1 Juli 2024Harga Beras Naik, Pj Bupati Subang Ajukan Evaluasi Manajmen Produksi

Beliau juga menekankan pentingnya evaluasi sektor pertanian untuk maksimalkan hasil, termasuk luas lahan, pola tanam, dan produksi.

Dr. Imran, M.Si., MA.cd, mengimbau adanya kolaborasi dari stakeholder untuk mengatasi ketahanan pangan, khususnya dalam hal pasokan beras, dengan mengajak Satgas Pangan untuk bersama-sama mencari solusi.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jabar, Asda II Setda Subang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Subang beserta jajarannya, unsur Forkopimcam Cibogo, perwakilan Kadin Subang, unsur Bulog Subang, DWP Dinas Ketahanan Pangan, jajaran Pemdes Belendung, dan tamu undangan lainnya.

0 Komentar