oleh

Jangan Pindahkan Masalah Baru ke TPA Jalupang

SUBANG-Ada rencana teranyar skema pemindahan TPA dari Panembong ke Jalupang. Akses jalan yang digunakan yaitu  menggunakan jalan Gedong Satu yang tembus ke Desa Tanggulun Barat, untuk menuju ke calon lokasi TPA di Jalupang.

Upaya tersebut sebagai langkah tercepat untuk akses armada pengangkut sampah, sambil menunggu akses jalur utama melalui depan PT SUAI tuntas dikerjakan. Bupati Subang H.Ruhimat menargetkan penyelesaian akses jalan utama tersebut rampung dalam waktu 5 bulan.

Bagaimana masyarakat menanggapi rencana tersebut? Terutama masyarakat Kampung Cirateun Desa Tanggulun Barat yang akan dilalui armada sampah selama menunggu jalan akses utama rampung?

Salah satunya warga yang buka suara yakni Ule (46) warga Cirateun. Dia mengungkapkan, jika hanya digunakan untuk perlintasan sementara tidak terlalu mempersoalkan. Asalkan jalan akses Gedong Satu-Cirateun juga diperbaiki.

“Sudah lama akses jalan situ jelek, sekarang mau digunkan akses armada sampah, kalau saya sebagai warga ya tidak masalah, asal jalannya saja diperbaiki,” ungkapnya.

Dia juga mengemukakan pendapatnya terkait pemindahan TPA tersebut. Menurutnya, jika hanya dipindahkan tanpa diolah maka akan menimbulkan masalah baru.

“Yang terpenting dari pemindahan TPA ini kan pengolahannya, sedangkan sekarang mau dipindahkan saja kan. Soalnya saya lihat ke calon lokasi TPA di Jalupang hanya tersedia lahannya saja, belum ada fasilitas pengolahan sampahnya,” tambah Ule.

Kepala Desa jalupang, Adi Karta mengatakan, setelah didatangi Bupati dan Wakil Bupati masyarakat sudah cenderung cair dan cenderung menerima. Alasannya, untuk kemaslahatan masyarkat Subang secara umum.

“Hanya saja masyarakat juga ingin mendapati keuntungan dari dipindahkannya TPA ke Jalupang, terutama soal perbaikan jalan,” jelasnya.

Menurutnya, perbaikan jalan sangat penting terutama bagi warga Tenjolaut. Selama ini mereka merasa terisolir karena jalan di sana tidak kunjung beres dari tahun ke tahun.

Dia mengatakan, masih banyak masyarakat awam yang perlu diberikan sosialisasi. Dengan adanya sosialisasi dia berharap masyarakat memiliki pemahaman pentingnya kehadiran TPA di Jalupang.

Seperti diketahui, Pemda Subang sedang ngebut memindahkan TPA Panembong ke TPA Jalupang. Kali ini Pemda Subang, tidak mau dituding tidak becus urusi sampah seperti yang disebut-sebut oleh aktivis lingkungan beberapa waktu lalu dalam sebuah aksi, belum lama ini.

Setelah Wakil Bupati Agus Masykur yang melakukan peninjauan ke calon lahan TPA di Jalupang, kini giliran Bupati H Ruhimat yang mengunjungi masyarakat.

Bupati sekaligus melakukan koordinasi dengan Danlanud Suryadarma terkait pembangunan jalan menuju calon lokasi TPA Jalupang.

Bupati berharap TPA Jalupang bisa menjadi solusi tepat di tengah permasalahan sampah yang kini melanda Subang. Dia menuturkan bahwa atas nama masyarakat Subang, memohon kerjasama dan kerelaan warga yang wilayahnya mungkin akan terdampak agar berkenan menerima pembukaan TPA dikarenakan kondisi Subang yang kini sedang darurat sampah.

“Semoga dengan dialog yang kini diadakan, bisa sebagai jembatan agar dapat meminimalisir gesekan serta permasalahan di lapangan. Jangan sampai maksudnya memberikan solusi masalah, tapi malah menimbulkan masalah baru,” ungkap H Ruhimat.(idr/ysp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.