oleh

Buat Kamu yang Jomblo, Hal yang Bisa Dilakukan Saat Puasa ini Tentu Cukup Menyenangkan

Buat Kamu yang Jomblo, Hal yang Bisa Dilakukan Saat Puasa ini Tentu Cukup Menyenangkan

Buat Kamu yang Jomblo, Hal yang Bisa Dilakukan Saat Puasa ini Tentu Cukup Menyenangkan
Tips diingetin Sahur, source: Google Image

Hal yang bisa dilakukan saat puasa begitu beragam, dimulai dari malam bulan puasa seperti tarawih, tadarus, makan malam bersama teman atau keluarga, sahur bersama dan juga ngabuburit adalah salah satu hal yang bisa dilakukan saat puasa.

Hal yang bisa dilakukan saat puasa siang hari menjelang sore biasanya adalah aktivitas ngabuburit menunggu bedug maghrib tiba. Ngabuburit ini menjadi salah satu kesibukan yang tentu begitu dirindukan hampir semua umat muslim yang menjalankan puasa. Hal ini termasuk kegiatan yang bisa dilakukan saat puasa.

Setiap hari pada bulan puasa, puncak keramaian dan momen terpentingnya selain tarawih adalah kesibukan ngabuburit, itu adalah hal yang bisa dilakukan saat puasa ketika menunggu bedug maghrib yang dilanjutkan berbuka puasa bersama.

Bagi Para jomblo yang tinggal di rumah rasanya tidak terlalu masalah, tetapi bagi kamu hai para jomblo, yang tinggal di tempat kos karena jauh dari keluarga saat menimba ilmu di perkuliahan misalnya, tentu akan sangat terasa ketika waktu ngabuburit tiba, apalagi jika kamu sendirian. (Jangan pernah ngabuburit sendirian….)

Berikut ini Hal-hal yang Bisa Dilakukan saat Puasa oleh kaum Jomblo (baca:fakir asmara) untuk Mengarungi Waktu Ngabuburit:

Buat Kamu yang Jomblo, Hal yang Bisa Dilakukan Saat Puasa ini Tentu Cukup Menyenangkan
                      Buka Puasa Bersama di Mesjid, source image by Google Image
  1.  Berburu Kuliner Untuk Berbuka Puasa bersama Teman yang Jomblo
  2.  Mendengarkan Kajian di Mesjid Setempat
  3.  Melakukan Olahraga yang Dianjurkan saat Puasa
  4.  Buka Puasa di Mesjid Terdekat
  5.  Membaca Buku dengan Tetap di Rumah Saja
  6.  Membeli Takjil dan Membagikannya Kepada yang Membutuhkan
  7.  Berkumpul Bersama Keluarga

Berburu Kuliner untuk Berbuka Puasa

Buat Kamu yang Jomblo, Hal yang Bisa Dilakukan Saat Puasa ini Tentu Cukup Menyenangkan
Menunggu Diucapkan Buka Puasa, source by Google Image

Melacak keberadaan kuliner untuk berbuka puasa misalnya seperti takjil untuk berbuka puasa tentu sangat menyenangkan, meskipun dilakukan seorang diri.

Menuju bedug maghrib mendekati waktu berbuka puasa, biasanya selalu banyak pedagang kuliner bertebaran di pinggir jalan, di pasar dan di area-area tertentu tempat ngabuburit dilakukan para warga dan masyarakat sekitar.

Untuk mencari kuliner atau takjil untuk berbuka puasa, kamu yang jomblo bisa mengajak teman-teman, misal teman kerja, teman sekolah atau teman kuliah untuk berburu takjil bersama, tentu saja ajakin teman kamu yang sesama jomblo, biar seru.

Tapi jika memang senang seorang diri, tidak masalah, pergilah mencari takjil buka puasa sendiri. Pergi keluar dengan menerapkan protokol kesehatan, nikmatilah ramainya ngabuburit dan suasana sore senja hari yang mempesona di bulan puasa yang tidak mungkin kamu temukan suasana itu di bulan lainnya.

Saling sapa dengan pedagang kuliner tempat kamu membeli, jangan lupa sedekah dengan senyum kepada penjual, siapa tau penjualnya juga jomblo, (syaratnya beda gender ya), kali aja jodoh, atau minimal dapat potongan diskon.

Mendengarkan Kajian di Mesjid Setempat + Buka Puasa di Mesjid

Kegiatan yang bisa dilakukan saat puasa berikutnya adalah mengikuti kajian-kajian Islami. Biasanya ketika bulan puasa, Mesjid-mesjid setempat selalu mengadakan kajian rutin menjelang waktu berbuka puasa.

Bikin ngabuburitmu produktif, meski hatimu sedang tidak produktif karena jomblo. Setelah kajian biasanya berbuka puasa bersama di Mesjid, jadi para jomblo ada temannya untuk berbuka puasa.

Melakukan Olahraga yang Dianjurkan saat Puasa

Buat Kamu yang Jomblo, Hal yang Bisa Dilakukan Saat Puasa ini Tentu Cukup Menyenangkan
 Puasa Sehari Harus Kuat, source: by Google Image

Ketika menjalani ibadah puasa, bukan menjadi suatu halangan untuk berolahraga. Tentu saja melakukan olahraga yang tidak dilarang saat puasa, misalnya Jogging ringan, bersepeda yang tidak terlalu jauh, main bowling, dan olahraga ringan lainnya.

Untuk kamu para jomblo sejati, bisa mencoba olahraga tersebut kurang lebih 45-60 menit sebelum waktu berbuka puasa tiba. Jangan khawatir kelelahan, kan cuma sebentar, Jomblo lama saja kuat, apalagi hanya olahraga yang tidak lama.

Membaca Buku dengan Tetap di Rumah Saja

Andai kamu yang jomblo malas keluar rumah karena takut virus dan mager alias malas gerak, referensi terbaiknya adalah membaca buku yang kamu suka. Tidak perlu buku berat, cukup tema buku yang ringan-ringan saja.

Membaca di teras atau di bawah pohon rindang di depan rumahmu di bawah sinar senja  juga sangat rekomended. Rasakan dan Syukuri sepoy angin yang menghampiri buku yang kamu baca. Sampai tak terasa bedug maghrib pertanda buka puasa sudah tiba ditelingamu.

Membeli Takjil dan Membagikannya Kepada Yang Membutuhkan

Contoh kegiatan bulan ramadhan saat ngabuburit menunggu buka puasa adalah kamu bersedekah, misal membeli takjil seperti candil dan lainnya untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitarmu atau di lampu-lampu merah tempat kamu lewat ketika mengarungi jalan raya sendirian .

Berkumpul Bersama Keluarga

Kegiatan saat puasa di rumah ini juga sangat rekomendasi buat kamu jomblo sejati, tapi ini untuk pilihan jika kamu anak rumahan, bukan anak rantau yang tinggal di kos ya.

Bulan puasa akan terasa bahagia dan hangat jika berada di tengah-tengah kehangatan kasih sayang keluarga. Jangan baper atau panas hati melihat mereka yang ngabuburit bulan puasa bersama pasangan ya.

Bagi para jomblo yang berada di perantauan karna masih ada kesibukan seperti kuliah atau bekerja, maka bersabarlah, sebab tidak terasa nanti menjelang lebaran, waktunya kalian para jomblo mudik ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga (*jika mudik tidak dilarang ya)

Naahhh,, setelah melihat referensi contoh kegiatan bulan ramadhan seperti di atas, kiranya sudah tidak perlu resah dan gelisah lagi ya menghadapi bulan puasa 2021 ini meski masih jomblo.

Kesimpulannya adalah bagi yang jomblo untuk tidak lalai dan melupakan kebahagiaan bulan puasa akibat luluh dan tenggelam dalam arus jomblo di dunia fana ini, yakinlahh, jomblo seperti badai, pasti berlalu, siapa tau lebaran nanti kamu sudah disiapkan jodoh terbaik saat mudik. (Re/Juni)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *