Siap-siap Tarif Parkir di Subang Segera Naik, Ini Alasan Dishub

Tarif Parkir di Subang
0 Komentar

SUBANG-Dinas Perhubungan (Dishub) mengusulkan kenaikan tarif parkir. Alasan kenaikan tarif parkir tersebut tidak terlepas dari tuntutan setoran Penghasilan Asli Daerah (PAD) yang harus lebih besar.

Secara dasar hukum kenaikan tarif parkir tersebut tengah dipersiapkan. Perlu ada Peraturan Daerah (Perda), Dishub tengah mempersiapkan draft Raperda.

Kepala Dishub Subang melalui Kepala Seksi Teksar Bidang Parkir  Ade Nurjaman mengatakan, kenaikan tarif tersebut harus sudah ada di Perda. Dalam Raperda yang tengah disusun, kenaikan tarif parkir tersebut antara lain mobil kecil menjadi Rp3.000 dari saat ini Rp2.000, mobil box Rp5.000 dari Rp3.000 dan motor Rp2.000 dari sekarang Rp1.000.

Baca Juga:Limbah Kapal FSRU Diduga Bocor Akibatnya Area Tangkap Ikan Menyempit300 Karung Tutup Rembesan di Pintu Air

“Insya Allah dengan usulan kenaikan tarif parkir tersebut akan menaikan setoran ke PAD, ini sedang kita buat Raperda-nya mudah-mudahan segera rampung,” katanya.

Dia menjelaskan, usulan kenaikan tarif parkir tersebut dikarenakan tuntutan setoran PAD yang semakin meninggi dari Pemerintah Daerah. Selain itu juga kenaikan tarif parkir ini sudah dilakukan oleh berbagai daerah.

Dishub mencatat penerimaan parkir pada tahun 2020 tidak sesuai target. Penerimaan parkir hanya Rp354 juta dari target Rp665 juta. Dishub berdalih, tidak sesuai target karena pandemi Covid-19.

“Kalau di tahun 2021 ini target Rp 1 miliar, ya kita lihat saja berapa realiasinya. Karena pandemi covid semua terganggu ya kan?,” ujarnya.

Dia memprediksi pemasukan berupa retribusi dari kantong pakir tersebut akan semakin berkurang. Pengurangan tersebut tidak terlepas dari adanya pihak ketiga yang juga mengelola parkir.

“Ada banyak kantong parkir yang masuk PAD ke Pemda, tapi  kita prediksi ke depannya akan banyak kantong parkir yang dibangun oleh pihak ketiga dimana bekerjasama dengan pasar sehingga PAD akan berkurang,” ujarnya.

Ade Nurjaman menjelaskan, menjelang lebaran ini tengah memaksimalkan penerimaan parkir terutama di wiliyah Pasar Pujasera.

Baca Juga:Sempat Tertunda, Bantuan Kemensos Segera Disalurkan oleh PT PosIni Prioritas Pembangunan yang jadi Fokus Utama Asep Nuroni

Sebenarnya di Subang ini cukup banyak kantong parkir selain di Pujasera. Ade Nurjaman menyebutkan, kantong parkir antara lain di Jalan Soeprapto, Pasarbaru, Pasar Pagaden, Pasar Pamanukan, Pasar Pusakajaya, Pasar Ciasem, Pasar Sukamandi, Pasar Pabuaran, Pasar Cisalak dan Pasar Sagalaherang.

0 Komentar