Masker Pencegah Covid-19 dan Perilaku Manusia

Masker Pencegah Covid-19 dan Perilaku Manusia
0 Komentar

Bagaimana bisa mencegah penularan virus corona dan mengurangi orang yang terpapar virus tersebut, jika memakai masker saja tidak mau, mejaga jarak enggan dilakukan dan cuci tangan jarang dikerjakan ? Nah, ini yang harus menjadi tugas bersama untuk terus mengingatkan dan menegur perilaku orang yang belum mengerti akan dampak yang berbahaya jika terpapar virus corona. Tidak mudah memang, karena berhadapan dengan manusia yang memiliki berbagai karakter unik, tetapi kebersamaan untuk mencegah penyebaran virus corona itu lebih penting dan menjadi tanggungjawab kita bersama.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam pencegahan penyebaran virus corona ini antara lain:

Perlu kesadaran bersama untuk memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun dalam rangka menghambat dan menghentikan penyebaran virus corona.
Perlu kebersamaan untuk saling mengingatkan dan menegur orang yang tidak pakai masker dengan cara yang baik dan tidak menyinggung perasaan.

Baca Juga:Vaksinasi: Dari Harapan Tatap Maya Menuju Tatap MukaOptimis Target Vaksinasi Tuntas Cepat

Saling bantu dan meningkatkan kepekaan sosial, karena dampak dari wabah Covid-19 sangat besar pengaruhnya terhadap perekonomian, maka perlu adanya uluran tangan saling bantu tetangga yang mengalami kekurangan. Lebih lebih di bulan puasa, kita diajari meningkatkan empati terhadap orang lain dengan bersadakah. Kita bisa merasakan bagaimana rasa orang yang lapar, orang yang haus sehingga kita punya awareness yang tinggi untuk saling peduli. Mereka yang kena covid pasti menjadi manusia terisolir, manusia yang mentalnya jatuh karena merasa diasingkan, oleh karenanya kita harus berperan mencegahnya.

Perlu menyaring berita sebelum sharing, karena sangat banyak berita hoaks dan tidak bertanggungjawab yang beredar terkait Covid-19. Jika diperlukan harus ditelusuri sumber aslinya. Dalam bahasa religi, kita harus banyak bertabayun sebelum menyebarkan ke pihak lain, inilah kehati hatian dalam hidup.(*)

Laman:

1 2 3
0 Komentar