Masker Pencegah Covid-19 dan Perilaku Manusia

Masker Pencegah Covid-19 dan Perilaku Manusia
0 Komentar

oleh:

1.Wawan Ihwanul Hakim,M.Si ( Guru Geografi SMAN 43 Jakarta )

2.Drs.H.Priyono,M.Si(Dosen Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Judul tersebut tidak mesti berhubungan, tetapi dalam kondisi pandemi Covid-19, masker bisa berubah jadi “kebutuhan primer” yang harus dipenuhi. Masker merupakan benda kecil dan ringan dipakai menutup mulut dan hidung untuk mencegah virus yang masuk dalam pernapasan. Masker berfungsi untuk mencegah penularan Covid-19, tetapi dengan menggunakan masker, kita kadang sulit untuk mengenali sesorang karena separoh wajahnya tertutup sehingga kita harus membuka nya jika ingin tahu wajahnya. Maka sering ketika memasuki komplek militer, diharuskan membuka masker untuk mengenali wajahnya. Secara umum hanya terdapat 3 jenis masker (https://rsupsoeradji.id), yang Masker kain, bisa digunakan untuk bepergian ke luar rumah.

Masker bedah, jenis masker sekali pakai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas.
Masker N95, relatif efektif mencegah penyebaran virus corona tetapi cenderung lebih mahal dari masker bedah.

Baca Juga:Vaksinasi: Dari Harapan Tatap Maya Menuju Tatap MukaOptimis Target Vaksinasi Tuntas Cepat

Apakah memakai masker merupakan cara yang efektif dalam mencegah penyebaran virus corona ?

Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda akan mereda, terbukti di beberapa daerah terjadi pelonjakan yang cukup berarti termasuk di DKI Jakarta muncul kluster perkantoran. Apa maknanya? Kondisi wabah belum aman maka harus tetap waspada. Di India, Negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua setelah RRC, kebobolan dengan lonjakan yang cukup hebat. Gelombang kedua Covid-19 di India lebih tinggi dibanding gelombang pertama. Kasus harian lebih dari 100.000 kasusbahkan hampir dua kali lipatdari kasus harian di puncak gelombang pertama( Our World in Data, The guardian). Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti: penggunaan obat tertentu, pemakaian obat herbal, suplemen kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, vaksinasi dan sebagainya. Namun, upaya tersebut belum juga membuahkan hasil yang signifikan karena berbagai faktor dan kendala tertentu.

Ada satu hal yang menarik mengenai pencegahan Covid-19 berdasarkan rekomendasi WHO yang bisa dilakukan secara sederhana oleh siapapun yaitu memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Berdasarkan kutifan dari Republika tanggal 06 April 2020 (https://www.republika.co.id) bahwa virus corona bisa menyebar hanya melalui percakapan dan pernapasan. Oleh sebab itu, memakai

0 Komentar