Gula Darah Normal Berapa? Berikut Ciri-Ciri Serta Cara Menjaganya…

Gula Darah Normal Berapa? Berikut Ciri-Ciri Serta Cara Menjaganya...
Beautiful sexy seriuos female doctor in white coat and stethoscope writing on clipboard on grey background. Close up. Copy space. Health recommendations, insurance and medical concept-Gula Darah Normal Berapa? Berikut Ciri-Ciri Serta Cara Menjaganya...
0 Komentar

Gula darah normal berapa? Sebelum itu kita harus terlebih dahulu mengetahui ciri-ciri kadar gula darah tinggi dan kadar gula rendah, serta gejala-gejala yang muncul yang menandakan gula darah normal.

Gula darah normal tentunya menjadi keinginan semua orang, sebab gula darah (Glukosa) ini termasuk salah satu hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai sumber asupan energi bagi sel otot dan jaringan. Sehingga kita perlu menjaga kadar gula darah normal dengan salah satunya bisa cek gula darah normal rutin.

Menurut Ahli

“Glukosa merupakan sumber energy yang digunakan oleh sebagian besar sel dalam tubuh, contohnya adalah sel otak yang hanya dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energinya”. (Price and Wilson, 2006).

Baca Juga:Jelang Lebaran, 154 KK Mendapat BLTHanya Rp35.000, Di Grant Hotel Bisa Makan Paket Halal Bihalal Apa Saja!

Gula darah adalah zat gula atau glukosa di dalam darah. Kadar gula darah merupakan ukuran banyaknya zat gula (glukosa) di dalam darah. Gula darah normal harus kita jaga agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh, sebab memang hampir selalu mengalami perubahan.

Berikut Ciri-ciri Kadar Gula Darah Normal Menurut Para Ahli Kesehatan

Menurut International Diabetes Federation (IDF), American Diabetes Association (ADA), dan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), yang telah sepakat bahwa:

“Diagnosis atas diabetes dapat ditegakkan apabila kadar gula darah seseorang ketika puasa di atas 126 mg/dL serta 2 jam setelah makan di atas 200 mg/dL. 

Apabila kadar gua darah puasa seseorang berada di antara 100-125 mg/dL, itu artinya orang tersebut mengalami keadaan glukosa puasa yang terganggu atau disebut impaired fasting glucose (IFG)”. 

“Adapun hasil kadar glukosa darah yang diharapkan setelah melakukan pengendalian dengan glukosa darah sewaktu dengan rentang 110 sampai dengan 180 mg/dL (PERKENI,2015)

Sehingga jika terjadi seperti itu, maka harus segera melakukan kotnrol gula darah agar tidak terjadi komplikasi serius.

Gula Darah Tidak Normal

0 Komentar