Sekdes Pastikan Roda Organisasi Pemdes Berjalan

Sekdes Pastikan Roda Organisasi Pemdes Berjalan
Sekdes Waryudin Sirozudin
0 Komentar

SUBANG-Tugas dan jabatan apapun adalah amanah yang harus diemban dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab. Terlebih tugas itu berkaitan  dengan pemerintahan desa, seperti halnya seorang sekdes, yang tentunya tugasnya sangat berat.

Sepintas tugas sekdes itu sepertinya ringan, padahal cukup berat. Mengapa demikian karena yang dikerjakannya adalah berkaitan erat dengan pengelolaan administrasi desa secara umum.

Selain itu, sekdes juga kerap mewakili kepala desa, bila kades berhalangan hadir, maka sekdes lah sebagai orang kedua yang mewakilinya baik kegiatan kepemerintahan maupun kemasyarakatan.

Baca Juga:Pendaftaran CPNS di Purwakarta Dibuka 442 KuotaPLN Jamin Keandalan Pasokan Listrik RS Rujukan COVID-19, Rumah Isolasi dan Produsen Oksigen di Jabar

Itulah yang kini dijalani Waryudin Sirozudin. Dia adalah Sekdes Desa Gambarsari, yang sehari-harinya bergelut soal administrasi desa.

Diapun menyampaikan, untuk mendukung roda organisasi pemerintah desa, tugas dan tanggungjawab yang biasa dan rutin dilakukan diantaranya yaitu sebagai pembantu kepala desa dalam hal penyusunan administrasi desa,

Sebagai verifikasi pertanggungjawaban kepala desa, bertanggungjawab terhadap pemerintahan desa ketika kepala desa tidak berkenan hadir dan menjadi link kedua dalam segala hal di pemerintahan desa.

Namun dari semua itu, tentu tupoksi yang utama adalah menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan penatalaksana administerasi pemerintahan desa. Seperti usulan pengajuaan keuangan desa, dana desa, ADD, Banprov, BKUD dan Bandes.

“Semua harus kita siapkan, ya lumayan berat juga, soal administerasi cukup banyak juga,” katanya.

Namun demikian, tentunya semua itu tidak dikerjakan sendiri, sebagai sekdes juga dibantu oleh para kasie dan kaur yang membidangi beberapa tugas kepemerintahan.

Semua hasil tugas dan laporan dari para staf desa, kasie dan kaur, dirangkum menjadi satu dalam bentuk administrasi pemerintahanan desa. Sehingga tugas sekdes pun sedikit terbantu oleh para staft desa.

Baca Juga:Seri Belajar Ringan Filsafat Pancasila ke 52Cegah Stunting, IP2KKB Terjun Langsung Edukasi Masyarakat

“Ya jelas, kita sering koordinasi dan komunikasi bersama para staf, kasie dan kaur, bahkan kadus hingga RT/RW pun kita ajak komunikasi,” tukasnya.(dan/ysp)

 

0 Komentar