Bikin Takut, Efek Samping Keseringan Makan Mie Instan

Bikin Takut, Efek Samping Keseringan Makan Mie Instan
Bikin Takut, Efek Samping Keseringan Makan Mie Instan (Foto: Ilustrrasi Mie)
1 Komentar

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tersebut memberi petuah, bahwa harus memperhatikan kandungan kalori yang ada, juga kandungan garam yang tinggi dalam produknya.

“Banyak mie instan mengandung kalori lebih rendah. Untuk menjadi sehat, pertimbangannya tidak hanya mengenai kalori, harus jeli mengetahui kandungan lain dalam makanan tersebut,” papar Juwalita.

Juwalita juga mengingatkan masyarakat agar lebih cermat melihat label kemasan produk yang akan dibeli. Lihat kandungan natrium produknya (bagian dari garam dengan jumlah tinggi).

Baca Juga:Lapang Dada, BST 300.000 Kemensos Tidak Lagi BerlakuGiring Sebut Anies Pembohong, Dikecam Partai Pendukung Jokowi

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), bahwa (asupan natrium), tidak boleh lebih dari 20 persen per hari (setara 1 sdt per hari). Kemudian, perhatikan juga pada kandungan lemak dalam produk.

Kementerian Kesehatan memberi anjuran, mengkonsumsi lemak dalam produk per orang per hari 20-25 persen dari total energi atau setara 5 sendok makan (67 gram).

Kemudian, mengkonsumsinya sebaiknya tidak bersama makanan olahan lain seperti sosis / bakso.

Menurut Juwalita, makanan tersebut berpotensi memiliki garam yang tinggi, yang menjadikan adanya resiko kelebihan asupan garam.

“Boleh-boleh saja mengonsumsi produk ini, namun tidak setiap hari dan harus memperhitungkan makanan lain misalkan tidak dikonsumsi bersama makanan olahan lain seperti sosis atau bakso,” jelasnya.

Juwalita mengatakan bahwa seseorang dapat memberti tambahan sejumlah sayuran dan sumber protein, seperti telur dan tofu guna meningkatkan profil nutrisi dalam mie instan.

Lebih lanjut lagi, Pakar diet dari Mount Elizabeth Hospital Seow Vi Vien juga memberi saran, bahwa menggunakan seperempat atau setengah porsi bumbu saja, juga dapat menambahkan daun bawang atau ketumbar sebagai penambah rasa

Baca Juga:Soal Kehamilan Lesty Kejora, Bukan Hasil Hubungan Gelap?Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Hp Secara Alami

“Bila menggunakan versi instan yang tidak perlu dimasak, hindari mengonsumsi semua kuahnya (apabila itu berkuah) membantu mengurangi asupan garam dan sertakan sayuran dan sumber protein seperti telur di sampingnya.”

Jika tidak dapat memasukkan sayuran, maka pasti kan untuk memenuhi asupan sayuran pada waktu makan berikutnya,” jelas Seow Vi Vien seperti dilansir dari The Strait Times. (/Jni)

 

1 Komentar