oleh

Masih Bingung Pilih Mana? Simak Dulu Perbedaan iPhone 12 dan iPhone 13 Series

Pasundan Ekspres – Ada kabar gembira bagi penggemar Apple di Indonesia. iPhone 13 series akhirnya tiba di Indonesia setelah diluncurkan secara global pada September lalu.

Jajaran iPhone 13 series sudah bisa dibeli melalui Authorized Reseller, seperti iBox dan Digimap baik secara online maupun offline. Semua model iPhone 13 series mulai dari iPhone 13 “reguler”, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Baca Juga: Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Daftar Harga iPhone 13 Series 2021

Spesifikasi iPhone 13 dan iPhone 13 Mini

iPhone 13 dan iPhone 13 mini hadir dengan layar berukuran 6,1 inci dan 5,4 inci dengan fitur perisai keramik di bagian depan yang membuat layar menjadi lebih kuat.

Kedua model mempunyai peringkat IP68 untuk ketahanan air dan dirancang untuk terlindung dari tumpahan cairan.

Sistem kamera TrueDepth didesain ulang menjadi lebih kecil sembari tetap mengemas teknologi terobosan yang sama, termasuk Face ID.

Layar perangkat itu sudah mendukung teknologi Super Retina XDR OLED, dengan peningkatan 28 persen, kecerahan luar ruangan maksimal pada 800 nits.

Kecerahan puncak bisa menjadi lebih tinggi untuk konten HDR seperti foto dan video pada 1200 nits.

Perbedaan Baterai iPhone 13 dan iPhone 12

Baterai iPhone 13 dapat bekerja sampai 2,5 jam lebih lama jika dibanding iPhone 12, sedangkan iPhone 13 mini menyediakan hingga 1,5 jam lebih lama dalam sehari daripada iPhone 12 mini.

iPhone 13 dan iPhone 13 Mini dibekali dua kamera belakang yang disusun secara diagonal, terdiri dari kamera wide dan kamera ultrawide 12 MP.

Kamera wide baru disebut-sebut dapat menangkap hingga 47 persen lebih banyak cahaya. Sedangkan Kamera ultrawide baru bisa menangkap lebih banyak detail dalam cahaya rendah.

Kedua perangkat sudah dilengkapi dengan sensor-shift optical image stabilization (OIS) yang menstabilkan sensor sehingga gambar menjadi halus dan video stabil.

Terdapat mode sinematic pada waktu merekam video dengan efek kedalaman dan perubahan fokus otomatis. Fokus dapat diubah selama pengambilan dan usai pengambilan.

Tingkat bokeh bisa disesuaikan di aplikasi Photo dan iMovie untuk iOS. Kedua model juga menawarkan perekaman video HDR dengan Dolby Vision, didukung untuk 4K hingga 60 fps di semua kamera. iPhone 13 dan 13 Mini ditenagai chip terbaru A15 Bionic.

Dengan teknologi 5-nanometer, A15 Bionic menampilkan GPU 4-core yang diklaim dapat menghadirkan kinerja grafis hingga 30 persen lebih cepat daripada pesaing lainnya

CPU 6-core baru hadir dengan dua core berkinerja tinggi dan empat core efisiensi tinggi, dapat menghasilkan kinerja hingga 50 persen lebih cepat dibanding kompetitor.

A15 Bionic juga didukung Neural Engine 16-core baru yang sanggup melakukan 15,8 triliun operasi per detik, memungkinkan komputasi pembelajaran mesin yang lebih cepat untuk pengalaman aplikasi pihak ketiga yang lebih optimal.

Perangkat itu hadir dengan sistem operasi iOS 15 dan mendukung konektivitas 5G.

Spesifikasi iPhone 13 Pro dan Pro Max

Layar iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max hadir dilengkapi dengan teknologi Retina XDR dengan ProMotion, mendukung kecepatan refresh adaptif dari 10Hz hingga 120Hz.

Layar keduanya berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci dengan panel OLED yang lebih efisien serta kecerahan di luar ruangan mencapai 1.000 nits.

iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max ditenagai chip terbaru A15 Bionic. Dengan teknologi 5-nanometer, A15 Bionic menampilkan GPU 5-core yang diklaim mampu menghadirkan kinerja grafis hingga 50 persen lebih cepat daripada pesaing lainnya, sehingga ideal untuk menjalankan video atau pun game dengan spek tinggi.

CPU 6-core baru hadir dengan dua core berkinerja tinggi dan empat core efisiensi tinggi, mampu menghasilkan kinerja hingga 50 persen lebih cepat dibanding kompetitor lainnya.

A15 Bionic juga didukung Neural Engine 16-core baru yang mampu melakukan 15,8 triliun operasi per detik, memungkinkan komputasi pembelajaran mesin yang lebih cepat untuk pengalaman aplikasi pihak ketiga yang lebih optimal.

Perangkat juga hadir dengan sistem operasi iOS 15 dan mendukung konektivitas 5G.

iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max dilengkapi kamera kamera ultrawide berukuran 12MP (f/1.8). Kamera berbidang pandang 120 derajat tersebut dapat digunakan untuk pengambilan gambar jarak dekat atau makro pada jarak 2 cm.

Terdapat pula kamera telefoto 12MP (f/2.8) yang menghadirkan zoom optik 3x dan dan zoom digital 15x serta kamera lebar 12MP (f/1.5 ) yang memiliki sensor terbesar, mampu menangkap 2,2x lebih banyak cahaya dibanding generasi sebelumnya.

Kedua perangkat sudah dilengkapi fitur: night mode dan sensor-shift optical image stabilization (OIS) yang menstabilkan sensor yang menjadikan gambar menjadi halus dan video stabil.

Pada video, ada mode Sinematik untuk transisi depth-of-field yang indah, video makro, Time-lapse dan Slo-mo, serta kinerja cahaya rendah yang lebih baik. Kedua model menawarkan alur kerja pro menyeluruh di Dolby Vision, dan ProRes yang ada untuk pertama kalinya.

Kapasitas baterai iPhone 13 Pro digadang-gadang mampu bertahan 1,5 jam lebih lama dibanding iPhone 12 Pro, sedangkan baterai iPhone 13 Pro Max bertahan sampai 2,5 jam lebih lama dibanding iPhone 12 Pro Max. (ant/jpnn/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *