Menengok Tradisi Melepas Kelulusan Beberapa Fakultas di Universitas Singaperbangsa Karawang

Menengok Tradisi Melepas Kelulusan Beberapa Fakultas di Universitas Singaperbangsa Karawang
AEP SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES WISUDA: .626 Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang diwisuda secara tatap muka selama dua hari.
0 Komentar

Sebagai mahasiswa, biasanya perayaan wisuda menjadi sangat substantif, pasalnya selain sebagai melepas status mahasiswa, acara tahunan ini menjadi terasa sangat haru karena merasa bisa mewujudkan mimpi orang tua. Masa-masa kritis berproses menjadi mahasiswa adalah alasan acara ini tidak boleh dilewatkan. Bahkan beberapa mahasiswa memiliki proses budaya tersendiri ketika merayakan wisuda.

AEP SAEPULOH, Karawang

Seperti misalnya, budaya anak fakultas Teknik dalam merayakan wisuda, mahasiswa Teknik selalu memberikan nuansa yang ramai dalam melepas kelulusan kakak tingkatnya. Bahkan sorak-sorai mahasiswa Teknik menarik untuk menjadi tontonan orang yang juga datang ke wisuda. Ataupun mahasiswa olahraga yang budaya perayaannya pun sama ramainya.

Seperti yang terjadi disajikan mahasiswa jurusan pendidikan olahraga di wisuda Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang digelar di Hotel Resinda Karawang Barat. Ketika seniornya keluar dari gedung acara, mereka berlomba-lomba untuk bernyanyi paling keras. Selain itu, ada juga yang membawa beberapa perangkat perayaan untuk menyambut kedatangan seniornya. “Kami sendiri harus berbicara dengan suara agak keras ketika berbicara dengan rekan, karena jelas tidak akan terdengar jika menggunakan suara biasa,” kata salah seorang mahasiswa.

Baca Juga:Besok Ridwan Kamil Resmikan Pasar Pusakajaya SubangMinta Kejelasan, DPMPSTP Subang Panggil Pengembang Mal Pelayanan Publik

Acara wisuda yang digelar selama dua hari 25-26 Januari 2022 ini ramai dihadiri dengan pengunjung. Di hari pertama, wisuda dilakukan dua sesi, pertama ditujukan untuk wisudawan program S2 Manajemen, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi, S1 Agroteknologi, serta S1 Agribisnis. Sementara sesi kedua diperuntukan untuk wisudawan S1 Pendidikan Luar Biasa, S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan D3 Kebidanan. Wisuda ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan yang ketat seperti memakai masker secara acara, melakukan pengecekan suhu, dan menjaga jarak.

Rata-rata wisudawan per sesi sebanyak 470 orang sehingga acara bisa dilakukan dengan lancar serta protokol Kesehatan bisa dilakukan dengan baik. Ditambah, orang tua tidak diperkenankan masuk ke ruangan, adapun orang tua yang hadir hanya dari wisudawan terbaik. Dan semua komponen acara dan wisudawan diwajibkan sudah melakukan vaksinasi, dan menunjukan hasil swab antigen non-reaktif 1×24 jam atau PCR negative 2×24 jam.

0 Komentar