Makanan Sesajen, Ini Makna Khusus dari Sejumlah Sajiannya

Makanan Sesajen, Ini Makna Khusus dari Sejumlah Sajiannya (ilustrasi kopi hitam)
Makanan Sesajen, Ini Makna Khusus dari Sejumlah Sajiannya (ilustrasi kopi hitam)
0 Komentar

RAGAM – Indonesia mempunyai beragam budaya serta adat istiadat yang masih sangat kental. Salah satunya adalah sesaji atau biasa disebut dengan sesajen.

Biasanya, Sesajen diberikan saat upacara adat dengan tujuan untuk berkomunikasi dengan para leluhur atau makhluk gaib yang dimaksud

Sesajen pada umumnya diberikan untuk bentuk penghormatan kepada  leluhur dan pengamalan rasa syukur atas rejeki atau kepentingan tertentu yang terwujud.

Baca Juga:Wakil Ketua Bidkum PDIP Endang Supriadi Mengundurkan Diri, Ini AlasannyaMenjamin Kepastian Iklim Berusaha dan Berjalannya Reformasi Struktural, Dunia Usaha Optimistis Menyikapi Penyempurnaan UU Cipta Kerja

Terlepas dari pro dan kontra boleh tidaknya sesajen, namun biasanya ada lima jenis makanan yang selalu tersedia dalam sesajen dengan filosofi tertentu, demikian dihimpun via Fin.

1. Ayam Cemani

Ayam Cemani adalah salah satu jenis ayam buras atau kampung yang mempunyai warna hitam di seluruh bagian tubuhnya.

Sejumlah ayam jenis ini mempunyai darah yang berwarna hitam. Konon, dari hal inilah yang menjadikan ayam ini sebagai makanan kesukaan setan dan bangsa jin.

Dan juga ayam cemani juga dipercaya bisa memperoleh ilmu sakti, keberuntungan sampai menjadi penangkal sihir.

2. Buah Pisang

Buah pisang yang menjadi favorit banyak orang juga kerapkali dijadikan sesajen. Menurut leluhur, buah pisang termasuk ke dalam buah yang sangat dihormati, terlebih untuk umat hindu. Itu lantaran buah pisang mempunyai keistimewaan tersendiri.

Keistimewaan tersebut ada pada pohonnya yang dipercaya tidak akan mati sebelum menghasilkan buah.

Buah pisang yang jadi favorit banyak orang juga sering dijadikan sesajen. Menurut leluhur, pisang merupakan buah yang sangat dihormati, terlebih bagi umat hindu. Itu karena buah pisang memiliki keistimewaan tersendiri.

Baca Juga: Ambu Anne Minta ASN di Purwakarta Tingkatkan Kualitas dan Konsistensi KinerjaPromo Indomaret Hari Ini, Harga Hemat Murah Meriah!

Keistimewaan itu ada pada pohonnya yang dipercaya tidak akan mati sebelum menghasilkan buah.

Dalam hal ini, pisang dikaitkan sebagai simbol kemakmuran. Biasanya buah pisang yang dipilih adalah jenis pisang mas.

3. Buah Apel

Selain pisang, apel juga selalu ada di dalam wadah sesajen. Terutama pada upacara keagamaan di Bali dan perayaan Imlek.

Apel sendiri dipercaya dapat memberikan keselamatan dari tahun ke tahun. Jenis apel yang digunakan juga beragam, mulai dari apel fuji, apel hijau, apel merah hingga apel manalagi

0 Komentar