Cara Aman Minum Kopi Jika Kamu Mempunyai Penyakit Darah Tinggi

Cara Aman Minum Kopi Jika Kamu Mempunyai Penyakit Darah Tinggi
0 Komentar

RAGAM– Bagi mereka yang punya darah tinggi, mengontrol apa yang mereka konsumsi harian sangat krusial untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah konsumsi kopi, salah satu jenis minuman yang paling populer di muka bumi ini.Seperti diketahui, konsumsi kopi sebagaimana diklaim ahli, dapat menyebabkan peningkatan dramatis pada tekanan darah, meski efeknya tidak berlangsung lama.

Dilansir dari MayoClinic belum jelas apa yang menyebabkan lonjakan tekanan darah ini. Respon tekanan darah terhadap kafein berbeda-beda pada setiap orang.

Baca Juga:5 Manfaat Lidah Buaya, Bisa untuk Perawatan Wajah hingga Melancarkan PencernaanManfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan kafein dalam kopi disebut sebut bisa menyebabkan darah tinggi. Namun beberapa berpendapat, bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalamnya, dapat mencegah kinerja hormon tertentu, yang salah satu fungsinya menjaga kelancaran kerja pembuluh darah arteri.

Di samping itu, kafein juga menyebabkan kelenjar adrenal dalam tubuh melepaskan lebih banyak adrenalin, hal ini berefek pada tekanan darah yang otomatis akan meningkat.

Seperti diketahui, darah tinggi adalah salah satu penyebab serangan jantung dan stroke pada manusia.

Mereka yang suka meminum kopi, juga disarankan untuk menghindari aktifitas ini, sebelum melakukan aktifitas yang dapat meningkatkan tekanan darah, seperti berolahraga, angkat beban, dan pekerjaan berat lainnya.

Di situ, dokter akan menentukan apakah konsumsi kopi aman untuk darah tinggi mereka, dengan cara membatasi jumlahnya, atau disarankan untuk berhenti sama sekali.

Cara Aman Minum Kopi Jika Kamu Mempunyai Penyakit Darah Tinggi

Dibawah ini beberapa aturan saat minum kopi agar tidak terjadi tekanan darah tinggi;

  1. Perhatikan porsi kopi

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengatakan 400 miligram kafein sehari masih terbilang aman dikonsumsi. Namun bagi orang yang memiliki kekhawatiran akan lonjakan tekanan darah, maka bisa membatasinya dengan konsumsi setengahnya atau sekitar 200 miligram per hari.

Baca Juga:Sambut Kawasan Industri, PLN Bangun SUTT di Kecamatan CipunagaraAgar Pelayanan Prima, Pemdes Bojongkeding Rehab Kantor Desa

  1. Berpotensi menyebabkan hipertensi jangka pendek

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi harian tidak memiliki dampak yang signifikan pada tekanan darah. Justru kopi yang dikonsumsi dalam batas wajar akan memberi manfaat kesehatan.

0 Komentar