Apa Itu Insecure? Inilah Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya.

Apa Itu Insecure? Inilah Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya. (ilustrasi insecure)
Apa Itu Insecure? Inilah Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya. (ilustrasi insecure)
0 Komentar

RAGAM – Pernah kamu merasa tidak percaya diri? Gagal menjadi manusia? Bahkan berfikir bahwa hidup kamu tidak ada artinya? Hal ini disebut insecure.

Insecure adalah perasaan tidak percaya diri, malu, takut, gelisah dan tidak aman yang disebabkan oleh rendah nya penilaian terhadap diri sendiri. Perasaan ini bisa berkembang menjadi bentuk penyakit hati diantaranya, iri, dengki, kecewa, dan perasaan negatif lainnya.

Hampir semua orang pernah mengalai insecure ketika berhadapan dengan orang yang “lebih” dari diri mereka. Sebenarnya hal ini normal dan wajar. Tetapi, bagi sebagian orang insecure  bisa terjadi terus-menerus dan bertahan lama. Bahkan bisa menghambat seseorang untuk berkembang.

Baca Juga:Bi Nina Minta Pemprov Jabar Segera Percepat PembangunanBi Nina Juga Soroti Jalan Provinsi di Wilayah Subang yang Rusak Parah

Apa Itu Insecure? Inilah Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya

Penyebab insecure pun bermacam-macam, mulai dari peristiwa traumatis hingga kondisi sosisal seperti lingkungan rumah, sekolah dan tempat kerja.

Selain itu, insecure bisa muncul akibat gangguan mental seperti depresi, gangguan kepripadian paranoid, gangguan makan, dan lain sebagainya.

Insecure juga bisa muncul karena adanya harapan besar terhadap diri sendiri namun tidak terwujud.

Disisi lain kita melihat bahwa ada orang lain yang berhasil mencapai keinginannya dan bisa menjalani kehidupan yang kita anggap ideal.

Oleh karena itu, kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus segera diatasi .

Pertama, cobalah untuk menerima hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginanmu dan menganggap bahwa itu normal bahka sering terjadi dalam kehidupan. Karena tak semua yang kamu harapkan dapat terwujud.

Ubah kegagalan menjadi motivasi, berhenti membenci dan menyalahkan diri sendiri. Jangan melihat kegagalan sebagai sesuatu hal yang memalukan dan menakutkan. Jadikanlah kegagalan itu sebagai pengalaman yang dapat menjadikan diri kamu lebih baik lagi.

Baca Juga:Jelang 50 Tahun Danone-AQUA Memanfaatkan Sekaligus Melindungi Sumber Daya AirSosialisasi Pembangunan Jalan Tol Cipali-Patimban Masuk Tahap Dua

Pusatkan pikiran pada hal-hal yang positif  dan jangan memikirkan hal-hal negatif terhadap diri kamu. Dengan begitu perasaan insecure akan berangsur-angsur menghilang. Maka dari itu marilah kita bersyukur kurangi insecure. (Cdp/Jni)

0 Komentar