Berikut 6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Berikut 6 Manfaat Daun Kemangi
0 Komentar

RAGAM– Daun kemangi sering digunakan untuk bahan pelengkap makanan. Daun ini juga biasa digunakan lalapan dengan sambal. Rasa dan baunya yang khas menjadi ciri khas yang banyak digemari masyarakat.

Dibalik rasa dan aromanya yang enak, daun ini juga banyak menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan, ini dia 6 manfaat Daun Kemangi.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat yang pertama ini adalah salah satu yang banyak dicari orang, yaitu menurunkan gula darah.

Baca Juga:6 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan TubuhEmpat Manfaat Air Rebusan Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Daun kemangi baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena daun kemangi meningkatkan fungsi sel beta pankreas dan sekresi insulin dan meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot.

Selain itu daun kemangi memiliki sifat hipoglikemik yang dapat mencegah efek gula darah dalam jangka waktu panjang.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat penting lainnya dari daun kemangi yaitu menjaga kesehatan jantung. Daun kemang memiliki kandungan eugenol yang dapat menurunkan tekanan darah.

Penelitian menyatakan mereka yang mengonsumsi daun kemangi memiliki kadar kolestrol dan trigliserida yang rendah, sehingga bisa mencegah penyakit yang berbahaya pada jantung.

  1. Melawan Penyakit Kanker

Daun kemangi memiliki senyawa fitokimia yang membantu mencegah penyakit kanker seperti kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Daun kemangi juga dapat meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, memicu kematian sel, dan memperlambat pembelahan sel, sehingga dapat melawan penyakit kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk kesehatan, daun kemangi juga baik untuk kecantikan kulit. Daun kemangi dapat mencegah penuaan pada kulit karena ekstrak daun kemangi dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran dan kerutan.

Bukan hanya itu, daun kemangi juga dapat mengatasi kulit berminyak. Megoleskan kemangi pada kulit dapat membantu menghilangkan kotoran dan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan sifat anti-inflamasinya dapat mencegah pembentukan jerawat.

Baca Juga:Selain Enak, Berikut 5 Manfaat Mengkonsumsi Buah kedondong5 Manfaat Buah Srikaya, Salah satunya Bisa Cegah Darah Tinggi

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun Kemangi banyak mengandung antioksidan, yang dapat melawan radikan bebas dan mencegah berbagai penyakit. Daun kemangi mengandung dua antioksidan flavonoid penting yang larut dalam air, yang dikenal sebagai orientin dan viceninare. Antioksidan kuat ini memperkuat sistem kekebalan, melindungi struktur sel, DNA, dan menunda efek penuaan kulit.

0 Komentar