Bisnis Ayam Frozen, Modal Kecil Untung Besar

Bisnis Ayam Frozen, Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Ayam Frozen, Modal Kecil Untung Besar. Foto : lazada
0 Komentar

Bisnis – Bisnis ayam frozen atau ayam beku tengah tumbuh baik. Terbukti dari langkah PT Proteindotama Cipta Pangan, founder gerai ayam beku bernama Best Meat. Head of Best Meat East Area Dendy Widyatama mengatakan dari sejak dikembangkan tahun 2017 hingga September 2021 sudah ada 780 gerai. Adapun target selama 2021 menjadi 1.000 gerai.

Tak hanya itu, PT Primafood International, juga terus membuka gerai ayam beku yang bernama Kios Unggas dan Prima Freshmart meskipun kondisi pandemi Covid-19. Secara keseluruhan, sudah ada 2.000 gerai hingga September 2021. Dari angka tersebut 500 gerai berbendera Kios Unggas yang tersebar di Jabodetabek.

Dilansir dari momsmoney.id, pecinta masakan ayam memang sangat banyak, sehingga pasar ayam frozen pun jaringannya luas. Namun, margin bisnis penjualan ayam beku ini tipis banget, antara Rp 1.000 sampai Rp 2.000 per kilogram, karena harga ayam sangat transparan. Anda tak bisa seenaknya menentukan harga di tengah persaingan. Untunglah pasar ayam sangat besar.

Baca Juga:H Yanto S Utomo Dipilih jadi Ketua Serikat Perusahaan Pers Jawa Barat Periode 2022-2026Mengerikan! Jasad Bripda Anthon Matula Dibuang Di Tempat yang Banyak Dihuni Buaya

Kemudian, cara apa yang harus dilakukan untuk memulai usaha gerai ayam frozen? Sebenarnya banyak distributor yang menyediakan harganya juga beragam.

Best Meat, misalnya, membuka penawaran menjadi Mitra Best Meat Point. Modal awalnya hanya freezer dengan kapasitas 300 liter plus modal Rp 500.000 sebagai syarat minimal belanja di awal.

“Selanjutnya boleh belanja berapa pun,” jelas Dendy. Tapi jika ingin mendapatkatkan gratis ongkos kirim, jarak pengirimannya tidak boleh lebih dari 3 kilometer (km). Harga untuk mitra akan didiskon sebesar 5% dari harga jual toko Best Meat.

“Mungkin terlihat kecil, tapi kami memberi saran pada mitra, dari harga jual toko kami itu mereka bisa naikkan lagi 10%,” jelas Dendy. Harganya masih akan lebih murah dibandingkan dengan harga ayam yang tidak beku.

Nah, selain itu, jika dalam sebulan mitra bisa melakukan penjualan dalam jumlah tertentu, mereka akan mendapat cash back. Misalnya, bila transaksi dalam sebulan bisa mencapai omzet Rp 50 juta maka akan mendapatkan cash back 5% dari omzet tersebut.

Sementara itu, Kios Unggas juga membuka kemitraan untuk para reseller. Dilla Salasa, analis data PT Primafood International.mengungkapkan, untuk menjadi reseller Kios Unggas, penjual hanya harus memilik 1 freezer. Dan, belanja di awal sebesar Rp 300.000. Belanja selanjutnya untuk free delivery minimal Rp 200.000.

0 Komentar