8 Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan!
0 Komentar

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Beberapa dokter sering menyarankan pasien tekanan darah tinggi untuk mengurangi asupan garam.

Namun, bukti terbaru menunjukkan bahwa meningkatkan kalium pada makanan juga sama pentingnya untuk menurunkan tekanan darah. Kalium membantu mengeluarkan kelebihan natrium melalui urin dan melemaskan dinding pembuluh darah.

Sayur kol merah merupakan sumber kalium terbaik yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaganya agar tetap seimbang dan sehat.

Baca Juga:7 Manfaat Minum Air Dingin, Bantu Perbaiki Mood hingga Turunkan Berat BadanKetua DPRD Purwakarta Puas Atas Capaian Hasil Pertanian

  1. Membantu Melawan Kanker

Menurut National Cancer Institute, sayuran seperti kol mengandung senyawa yang disebut glukosinolat, yang merupakan bahan kimia yang mengandung sulfur.

Kandungan glukosinolat ini memberikan manfaat sebagai anti kanker yang berkaitan dengan penurunan risiko berbagai jenis kanker.

Meski begitu mengonsumsi banyak kubis tidak sepenuhnya akan menangkal kanker. Para ahli juga mengatakan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat kembang kol untuk melawan kanker.

  1. Kaya Vitamin C

Vitamin C tergolong sebagai antioksidan yang kuat dan berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang menjadi penyebab banyak penyakit kronis termasuk kanker.Selain itu, vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat atau vitamin yang larut dalam air dan memiliki banyak peran penting dalam tubuh. Misal, untuk membuat kolagen, protein paling melimpah di tubuh.

Kolagen memberi fleksibilitas pada kulit dan sangat penting untuk berfungsinya tulang, otot dan pembuluh darah. Kol hijau dan merah merupakan sumber antioksidan terkuat, dimana pada kol merah mengandung 30% lebih banyak.

Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan

  1. Rendah Kalori

Jika kamu memiliki masalah dengan berat, bisa mulai mengganti makanan padat kalori dengan makanan yang rendah kalori agar berat badan tetap seimbang.

Kembang kol termasuk salah satu sayuran yang rendah kalori dengan kandungan 34 kalori dalam satu cangkir yang telah dimasak.

Baca Juga:2.541 Paket Sembako Terkumpul dari 25 PerusahaanWarga Keluhkan Vaksinasi di Cikampek Utara

Selain itu, sayuran ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mencari makanan sehat dan kaya nutrisi dengan harga yang sangat terjangkau.

0 Komentar