oleh

8 Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan

RAGAM-Sekilas tampilan kembang kol terlihat sangat mirip dengan selada. Namun, sayuran ini ternyata termasuk ke dalam genus tanaman Brassica (satu keluarga dengan brokoli). Sayuran ini telah ditanam di berbagai daerah bahkan dunia selama ribuan tahun.

Kembang kol memiliki berbagai bentuk dan warna, seperti merah, ungu, putih, dan hijau serta daunnya ada yang berkerut atau halus. Sayur kol dapat ditemukan di berbagai hidangan, seperti makanan asal Korea, yakni kimchi.

Sering diabaikan, ternyata kembang kol memiliki kandungan nutrisi yang cukup mengesankan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Asal dikonsumsinya dalam takaran tepat.

Kandungan Kol

Meski kembang kol rendah kalori, ia memiliki kandungan nutrisi yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Tak heran jika sering menjadi salah satu bahan untuk menu diet. Berikut kandungan nutrisi dalam secangkir atau 89 gram (g) kembang kol:

  • Kalori: 22 kilokalori (kkal)
  • Serat: 2 g
  • Vitamin K: 85% Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin C: 54% AKG
  • Folat: 10% AKG
  • Mangan: 7% AKG
  • Vitamin B6: 6% AKG
  • Kalsium: 4% AKG
  • Kalium: 4% AKG
  • Magnesium: 3% AKG
  • BACA JUGA: Daftar Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Selain kandungan di atas, sayur kol juga mengandung sejumlah zat gizi mikro lainnya, termasuk vitamin A, zat besi, dan riboflavin.

Kandungan vitamin B6 dan folat pada sayuran ini memiliki peran penting untuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf. Ia juga kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Seperti kandungan vitamin C yang tinggi dapat terlindungi dari penyakit jantung, kanker, dan gangguan penglihatan.

Manfaat/Khasiat Kol untuk Kesehatan:

Selain kaya akan nutrisi dan kandungan antioksidan, ternyata sayur kol memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat sayur kol bagi kesehatan:

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Banyak orang mengira kolesterol itu buruk, tetapi ternyata tidak selalu buruk bagi tubuh.  Orang yang memiliki kolesterol tinggi cenderung memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, terutama saat kadar kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL) mengalami peningkatan.

Kembang kol mengandung dua zat yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang tidak sehat bagi tubuh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Beberapa dokter sering menyarankan pasien tekanan darah tinggi untuk mengurangi asupan garam.

Namun, bukti terbaru menunjukkan bahwa meningkatkan kalium pada makanan juga sama pentingnya untuk menurunkan tekanan darah. Kalium membantu mengeluarkan kelebihan natrium melalui urin dan melemaskan dinding pembuluh darah.

Sayur kol merah merupakan sumber kalium terbaik yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaganya agar tetap seimbang dan sehat.

  1. Membantu Melawan Kanker

Menurut National Cancer Institute, sayuran seperti kol mengandung senyawa yang disebut glukosinolat, yang merupakan bahan kimia yang mengandung sulfur.

Kandungan glukosinolat ini memberikan manfaat sebagai anti kanker yang berkaitan dengan penurunan risiko berbagai jenis kanker.

Meski begitu mengonsumsi banyak kubis tidak sepenuhnya akan menangkal kanker. Para ahli juga mengatakan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat kembang kol untuk melawan kanker.

  1. Kaya Vitamin C

Vitamin C tergolong sebagai antioksidan yang kuat dan berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang menjadi penyebab banyak penyakit kronis termasuk kanker.Selain itu, vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat atau vitamin yang larut dalam air dan memiliki banyak peran penting dalam tubuh. Misal, untuk membuat kolagen, protein paling melimpah di tubuh.

Kolagen memberi fleksibilitas pada kulit dan sangat penting untuk berfungsinya tulang, otot dan pembuluh darah. Kol hijau dan merah merupakan sumber antioksidan terkuat, dimana pada kol merah mengandung 30% lebih banyak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.