Pelabuhan Patimban Jadi Magnet Investasi di Subang

Pelabuhan Patimban Jadi Magnet Investasi di Subang
YOGI MIFTAHUL FAHMI/PASUNDAN EKSPRES DONGKRAK PEREKONOMIAN: Aktivitas di Pelabuhan Internasional Patimban, beberapa waktu lalu. Keberadaan pelabuhan Patimban menjadi daya tarik investor.
0 Komentar

SUBANG-Beberapa Desa di wilayah Pantura mulai dilirik oleh calon investor. Keberadaan Pelabuhan Patimban menjadi salah satu alasan calon investor mulai melakukan penjajakan.

Kepala Desa Mundusari Carban Ginanjar menyebut, sejak jauh hari telah ada beberapa calon investor yang mencari informasi di Mundusari khususnya berkaitan dengan soal tanah.

“Benar, sudah banyak memang yang datang mencari informasi ke desa. Berkaitan dengan investasi, ada dari berbagai hal juga, utamanya soal tanah,” kata Carban.

Baca Juga:Ikan Bakar di Buangan Cirata Jadi FavoritPembangunan Perguruan Islam Rhoma Irama di Kabupaten Karawang Dimulai

Sebab, Desa Mundusari sendiri terletak di jalur strategis jalan nasional Pantura dan tak jauh dari Access Road Pelabuhan Patimban.

“Kalau ke Patimban tidak jauh, bahkan ke Acces Road saja hanya sekitar 5 menit sudah sampai sana,” imbuhnya.

Hanya saja, hingga saat ini Carban menyebut, belum ada izin apapun yang turun berkaitan dengan investasi di Desa Mundusari. Sebab sejauh ini masih dalam hal penjajakan dan pencarian informasi.

“Kebanyakan di antaranya masih mencari informasi, survey lahan dan bertanya-tanya terkait tata ruang dan lokasi investasi,” ucap Carban.

Beberapa bidang yang dilirik untuk investasi di Desa Mundusari di antaranya melingkupi investasi pergudangan, rumah sakit swasta, industri hingga perumahan atau properti.

Sementara itu, untuk di wilayah Kecamatan Pusakajaya, Camat Pusakajaya Drs Vino Subriadi mengatakan, ada dua desa di Kecamatan Pusakajaya yang berpotensi dilirik investor untuk menjadi area industri.

Dua Desa tersebut yakni Desa Karanganyar dan Kebondanas. Dua desa tersebut terbelah oleh Jalan Nasional Pantura.

Baca Juga:Ikut Vaksin Ramadan di Karawang Bisa Dapat Gratis UmrohPuluhan Pelajar, Mahasiswa dan Pemuda Subang Deklarasikan Pemilu 2024

“Namun yang memungkinkan untuk beralih fungsi ke depan itu yang berada di utara Jalan Pantura,” kata Vino.

Apalagi, hal tersebut juga tertuang dan masuk dalam kajian penyusunan rencana detail tata ruang (RDTR). Kecamatan Pusakajaya yang merupakan wilayah berbasis pertanian, hanya Desa Karanganyar dan Kebondanas. SSementara ini hasil kajian yang memungkinkan di masa yang akan mendatang berubah menjadi zona industri atau pergudangan.

“Jadi ada investor yang bertanya dan berminat di sini untuk membuka area pergudangan, tapi itu masih sebatas menanyakan saja,” imbuhnya.

Sumber Pasundan Ekspres, wilayah Pamanukan yang saat ini gencar dibidik investor adalah wilayah Desa Pamanukan Sebrang. “Pamanukan Sebrang sedang menjadi bidikan calon investor, tapi masih proses,” ucapnya.(ygi/ysp)

0 Komentar