Jam Tidur Berantakan Selama Puasa? Jangan Khawatir Begini Tips Mengatur Jam Tidur saat Sedang Puasa!

Jam Tidur Berantakan Selama Puasa
Jam Tidur Berantakan Selama Puasa
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES – Tak jarang orang akan kesulitan mengatur jam tidur saat sedang puasa.

Pasalnya kita sebagai umat Islam harus terbangun pada waktu dini hari untuk mempersiapkan santap sahur dan tidur saat malam hari untuk melakukan ibadah.

Umumnya sahur di Indonesia akan dilakukan pada pukul 03.00-04.00 selama bulan Ramadhan, setelah sahur dan menjalankan ibadah shalat subuh. Kamu bisa melanjutkan tidur selama 1-2 jam sebelum melakukan aktivitas kembali.

Baca Juga:Kebiasaan Sering Keramas? Hati-hati 5 Dampak Akibat Terlalu Sering Keramas!Elon Musk Beniat Membeli Twitter, Sempat Menyinggung Mark Zuckerberg

Waktu tidur selama 1-2 jam ini dapat digunakan untuk menambah waktu tidur kamu yang berkurang setiap harinya.

2. Tidur lebih awal

Setelah menjalankan ibadah shalat tarawih di masjid, ada baiknya kamu untuk segera melakukan persiapan tidur agar nantinya tidak merasa kantuk saat hendak melakukan santap sahur. Usahakan jangan tidur terlalu larut seperti diatas pukul 22.00.

3. Jalankan olahraga secara rutin

Meski sedang menjalani ibadah puasa tetap disarankan untuk menjalankan olahraga secara rutin dengan intensitas yang lebih ringan. Berkaitan dengan hal ini, kamu bisa memilih waktu olahraga baik sebelum berbuka maupun setelah berbuka puasa.

4. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Jika ingin memiliki kualitas tidur yang baik, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan 90 menit sebelum hendak tidur.

Usahakan untuk menjauhi makanan berlemak atau makanan dengan olahan susu, karena kedua kandungan tersebut akan susah dicerna. Ketika kamu memaksakan untuk mengonsumsinya, alih-alih bisa tertidur, kemungkinan kamu akan mengalami kenaikan asam lambung, hingga dada akan terasa nyeri.

Jika sudah begitu, kamu justru tidak akan bisa tidur hingga waktu sahur tiba.

5. Perhatikan minuman

Selanjutnya dapat dilakukan dengan memperhatikan minuman yang hendak kamu konsumsi sebelum tidur.

Baca Juga:Tahan Emosi saat Puasa dengan Menghindari Tipe Orang Seperti Ini! No 3 Sering KetemuKinerja Ekspor dan Impor Indonesia Tembus Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

Jangan coba-coba konsumsi minuman yang mengandung kafein jika kamu ingin mendapatkan waktu tidur berkualitas. Karena kandungan kafein akan membuat mata kamu tetap terjaga.

0 Komentar